Ornamen Header
Soal Pengembalian Uang Pangkal, ITB Sebut Berbeda dengan PT Lain
Soal Pengembalian Uang Pangkal, ITB Sebut Berbeda dengan PT Lain
Institut Teknologi Bandung (ITB) tercatat menduduki posisi pertama dalam perolehan nilai UTBK di SBMPTN. Foto/Dok/SINDOnews
BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) memastikan tak ada proses pembayaran uang pangkal bagi calon mahasiswa jalur seleksi mandiri, sebelum ada pengumuman jalur seleksi lain seperti SNMPTN atau SBMPTN.

"Pengumuman seleksi mandiri ITB diadakan setelah pengumuman SBMPTN. Jadi tidak ada uang pangkal seleksi mandiri yang dikembalikan ITB," kata Kepala Biro Komunikasi dan Humas ITB Naomi Haswanto, Selasa (18/8/2020). (Baca juga: LTMPT: ITB Puncaki Nilai UTBK Tertinggi di SBMPTN 2020)

Hal itu menanggapi permintaan Ombudsman RI, yang meminta agar perguruan tinggi di Indonesia mengembalikan uang pangkal Seleksi Mandiri (SM), bila calon mahasiswa diterima jalur seleksi lainnya. Hal itu berdasarkan laporan masyarakat, bahwa ada beberapa perguruan tinggi yang enggan mengembalikan uang pangkal SM.

Lebih lanjut dia menjelaskan, seleksi Mandiri ITB akan diumumkan pada 28 Agustus 2020. Sementara pengumuman SNMPTN dan SBMPTN telah selesai. Hal ini berbeda dengan PT lain seperti Universitas Indonesia yang dua kali melakukan seleksi SM, sebelum dan sesudah SBMPTN. (Baca juga: Kemendikbud Tegaskan Klasterisasi Perguruan Tinggi Bukan Kompetisi)



Sementara itu, diketahui jumlah Mahasiswa SBMPTN yang diterima ITB sekitar 1400 orang. Tidak ada test tambahan bagi program internasional maupun seleksi mandiri ITB. Seleksi mandiri ITB menggunakan Rapor dan hasil UTBK 2020 sebagai bahan seleksi.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!