3 Contoh Doa Hari Pendidikan Nasional untuk Upacara

Kamis, 02 Mei 2024 - 08:55 WIB
loading...
3 Contoh Doa Hari Pendidikan Nasional untuk Upacara
Contoh doa Hari Pendidikan Nasional ini dapat dijadikan referensi saat upacara bendera. Foto/YouTube Kemendikbud.
A A A
JAKARTA - Contoh doa Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini dapat dijadikan referensi untuk nantinya dibacakan ketika upacara peringatan Hardiknas di sekolah. Hardiknas setiap tahunnya diperingati pada tanggal 2 Mei.

Hardiknas ini diperingati untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei juga dipilih karena bertepatan dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara. Penetapan Hardiknas ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 tahun 1959.

Baca juga: 3 Contoh Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Cocok untuk Lomba hingga Sambutan Acara

Setiap tanggal 2 Mei juga di setiap sekolah di Indonesia akan mengadakan upacara bendera yang terdiri dari berbagai rangkaian acara. Sebelum upacara berakhir, biasanya akan ada prosesi pembacaan doa.

3 Contoh Doa Hari Pendidikan Nasional

1. Contoh Pertama


Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wassalatu wassalamu ‘ala sayyidil mursalin, waala aalihi washohbihi ajma’iin.

Ya Allah, dengan nama-Mu Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji untukMu, Ya Allah, Tuhan Semesta Alam. Hanya Engkaulah tempat kami meminta, hanya kepada-Mu kami memohon. Pagi ini kami berdoa kehadirat-Mu ya Allah.

Ya Allah, Yang Maha Pengasih dan Penyayang

Begitu banyak nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami. Ampuni kami yang terkadang lupa mensyukuri nikmat-Mu, ampuni kami yang lalai, ampuni segala dosa kami, Ya Allah.

Ya Allah, Ya Tuhan kami

Pagi ini, kami keluarga besar (nama sekolah) berkumpul untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024. Segala puji hanya bagi-Mu, ya Allah, karena berkat kasih sayang-Mu, kami dapat melaksanakan Upacara Bendera pagi ini dalam kondisi sehat, aman, dan sejahtera.

Baca juga: Tema, Logo, dan Ketentuan Upacara Peringatan Hardiknas 2024 Sesuai Pedoman Kemendikbud
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)