Berpakaian Adat Jawa, Nadiem Pimpin Upacara Bendera Hardiknas 2024

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:35 WIB
loading...
Berpakaian Adat Jawa, Nadiem Pimpin Upacara Bendera Hardiknas 2024
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara bendera peringatan Hardiknas 2024 dengan memakai pakaian adat Jawa. Foto/YouTube Kemendikbud RI.
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) 2024 di kantor Kemendikbudristek, Kamis (2/5/2024). Pada upacara ini Nadiem memakai pakaian adat Jawa.

Nadiem yang berada di akhir masa pengabdiannya sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di masa pemerintahan Presiden Jokowi ini mengenakan bawahan kain cokelat, beskap berkerah berwarna putih lengkap dengan blangkon cokelat yang menutupi kepalanya.

Tidak hanya Nadiem, seluruh pejabat, pegawai, dan tamu undangan yang hadir pada upacara bendera Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei ini pun memakai pakaian adat dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

Baca juga: 3 Contoh Doa Hari Pendidikan Nasional untuk Upacara

Mendikbudristek mengatakan, lima tahun terakhir ini adalah waktu yang mengesankan selama dia memimpin Kemendikbudristek terutama dalam menginisiasi program Merdeka Belajar.

"Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran," ucapnya.

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 mengubah proses belajar dan cara hidup secraa drastis. Namun di saat yang sama pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

Baca juga: Peringatan Hardiknas Momentum Melindungi Generasi Muda dari Intoleransi

"Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi lebih kuat," terangnya.

Melalui Merdeka Belajar, ujarnya, wajah baru pendidikan dan kebudayaan pun terbangun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)