Pimpin Upacara Hardiknas 2024, Nadiem Pamit dan Titip Lanjutkan Merdeka Belajar

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:27 WIB
loading...
Pimpin Upacara Hardiknas 2024, Nadiem Pamit dan Titip Lanjutkan Merdeka Belajar
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara peringatan Hardiknas 2024 di kantor Kemendikbudristek. Foto/YouTube Kemendikbud RI.
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas ) 2024 di Kantor Kemendikbudristek, Kamis (2/5/2024). Ini akan menjadi upacara terakhir Nadiem setelah menjabat sebagai Mendikbudristek selama lima tahun.

Nadiem Anwar Makarim semula menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sejak awal pembentukan Kabinet Indonesia Maju.

Kemudian alumnus Harvard Business Institute ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) pada 2021.

Baca juga: Berpakaian Adat Jawa, Nadiem Pimpin Upacara Bendera Hardiknas 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merupakan peleburan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Dalam pidatonya, Nadiem mengenang lima tahun perjalananya sebagai menteri adalah sesuatu yang mengesankan.

"Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia," ujarnya dipantau dari YouTube Kemendikbud RI, Kamis (2/5/2024).

Baca juga: Tema, Logo, dan Ketentuan Upacara Peringatan Hardiknas 2024 Sesuai Pedoman Kemendikbud

Ia pun mengaku tugas untuk mentransformasi sistem pendidikan dan kebudayaan bukan hal yang mudah dan sederhana. Ada perjuangan, katanya, dan juga rasa tidak nyaman menyertai langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

Tantangan yang tak terbayangkan adalah pandemi, ujarnya, yang mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis. Meski demikian pandemi memberi kesempatan mengakselerasi perubahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2751 seconds (0.1#10.140)