Terbaru, UGM Buka Jalur Kelas Internasional di Sekolah Vokasi dan Kedokteran Hewan

Selasa, 07 Mei 2024 - 13:51 WIB
loading...
Terbaru, UGM Buka Jalur Kelas Internasional di Sekolah Vokasi dan Kedokteran Hewan
UGM membuka jalur kelas internasional terbaru di Sekolah Vokasi dan Fakultas Kedokteran Hewan. Foto/UGM.
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada ( UGM ) membuka jalur kelas internasional hingga tiga gelombang. Baru di tahun ini ada jalur kelas internasional yang dibuka di Sekolah Vokasi dan Fakultas Kedokteran Hewan.

Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Sigit Priyanta mengatakan, pada penerimaan mahasiswa baru jalur kelas internasional atau International Undergraduate Program (IUP) 2024 dibuka program IUP di Sekolah Vokasi yang merupakan fakultas termuda di UGM.

Jurusan yang dikenalkan kepada calon mahasiswa adalah Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil atau International Undergraduate Program of Civil Infrastructure Management and Maintenance Engineering.

Baca juga: Pendaftaran Kelas Internasional Unpad 2024 Dibuka, Segini Biaya Kuliahnya

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi UGM, Dr. Leo Indra Wardhana, mengatakan program IUP pada Program Studi Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa internasional untuk mempelajari Operasi, Pemeliharaan, Optimasi, dan Rehabilitasi manajemen infrastruktur sipil sehingga meningkatkan keunggulan akademik serta keterampilan para lulusan yang diperlukan untuk karier di tingkat global.

“Keunggulannya tentu melekat pada pendidikan vokasi yang lebih spesifik dan dirancang di lingkup kerja tertentu. Jika sarjana teknik sipil belajar keseluruhan, maka di teknik sipil sekolah vokasi belajar terkait pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur sipil,” katanya, dikutip dari laman UGM, Selasa (7/5/2024).

Baca juga: 5 Universitas Swasta yang Menyediakan Kelas Internasional, Kuliah Sambil Perlancar Bahasa Inggris

Leo juga memberikan beberapa tips untuk dapat lolos seleksi program IUP UGM di Sekolah Vokasi. Ia menyarankan calon peserta seleksi untuk tidak memilih program studi yang tidak linear dengan peminatan saat SMA dan persiapkan dengan matang beberapa kebutuhan proses seleksi.

“Usahakan mendapatkan GMST dan nilai Bahasa Inggris setinggi-tingginya, persiapkan dengan baik untuk motivation letter karena menjadi bahan pertimbangan, latihan terus untuk interview, serta cantumkan prestasi yang dimiliki,” paparnya.

Hampir serupa dengan Sekolah Vokasi, Fakultas Kedokteran Hewan UGM juga membuka jalur IUP di tahun 2024. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FKH UGM Agung Budiyanto mengatakan bahwa program IUP di FKH UGM tidak hanya pada sarjana kedokteran hewan saja, tetapi berlanjut hingga jenjang profesi.

Kuota IUP UGM 2024


Diketahui, UGM menyediakan kuota hingga 1.010 untuk program kelas internasional (IUP). Sebanyak 413 mahasiswa telah diterima di gelombang pertama.

Gelombang kedua program IUP UGM dibuka 3 April hingga 6 Mei 2024 secara daring. Sedangkan gelombang ketiga dibuka 19 Juni hingga 10 Juli 2024.

“Kuota untuk seleksi IUP gelombang 2 dan 3 akan dikurangi berdasarkan jumlah mahasiswa yang telah diterima di gelombang 1,” ujar Sigit.

25Jurusan Kuliah Program IUP UGM 2024


1. Peternakan
2. Biologi
3. Akuntansi
4. Manajemen
5. Ilmu Ekonomi
6. Teknik Biomedis
7. Teknik Sipil dan Lingkungan
8. Teknik Kimia
9. Teknik Geodesi
10. Teknik Geologi
11. Teknik Informasi
12. Teknik Industri
13. Perencanaan Wilayah dan Kota
14. Geografi Lingkungan
15. Hukum
16. Kimia
17. Ilmu Komputer
18. Elektronika dan Instrumentasi.
19. Kedokteran
20. Farmasi
22. Psikologi
21. Ilmu Komunikasi
22. Hubungan Internasional
23. Manajemen dan Kebijakan Publik
24. Kedokteran Hewan, dan Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil.

Sistem Seleksi


Kepada calon mahasiswa baru yang ingin mengikuti seleksi program IUP harus mengikuti beberapa proses seleksi, yakni Gadjah Mada Scholastic Test (GMST) yang dilaksanakan bagi calon mahasiswa baru pada satu tahun terakhir, skor TOEFL ITP/IBT, Duolingo English Test, AcEPT UGM atau IELTS, wawancara, Focus Group Discussion, serta melampirkan prestasi baik akademik maupun non akademik sebagai nilai tambahan dari proses penilaian.

“Setiap fakultas juga memiliki format tes yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan dan kesesuaian calon mahasiswa dengan program studi yang dipilih,” ujar Sigit.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)