Menuju WCU, Unhas Dorong Kolaborasi dengan Industri Nasional dan Global

Rabu, 08 Mei 2024 - 07:36 WIB
loading...
Menuju WCU, Unhas Dorong Kolaborasi dengan Industri Nasional dan Global
Universitas Hasanuddin (Unhas) mendorong kolaborasi dengan industri nasional dan juga global. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Universitas Hasanuddin (Unhas) mendorong kolaborasi dengan industry nasional dan juga global. Ajakan ini seiring dengan meningkatnya lulusan Unhas yang memilih bekerja di sektor industri atau profesional.

"Angka yang bekerja di sektor industri menjadi 36%, jauh naik dari sebelumnya 19%," kata Wakil Rektor Bidang SDM, Alumni dan Sistem Unformasi Unhas, Prof. Dr. Farida Patinttingi dalam "Hasanuddin University and Industry Collaboration Meeting", melalui siaran pers, Selasa (7/5/2024).

Prof. Farida meyakini ke depan akan semakin banyak alumni Unhas yang lebih memilih bekerja di sektor industri atau jadi profesional.

Pihak Unhas, lanjut Wakil Rektor itu, akan terus meningkatkan kualitas lulusan Unhas. Jika saat ini Unhas masih di peringkat 1.200 universitas terbaik di dunia, dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi 800 terbaik, bahkan dalam 5 tahun ke depan menjadi nomor 200-300 terbaik di dunia.

"Untuk nasional biasanya kita nomor 12 terbaik sekarang sudah nomor 4," sambung Prof Farida seraya menyebut dulu alumni Unhas menyebut nomor 1 di Indonesia Timur karena tidak berani menyebut peringkat nasionalnya.

Ia mengajak dunia industri berkolaborasi memberikan kesempatan kepada alumni Unhas bekerja sesuai bidang yang dibutuhkan industri.

"Mari kita bekerja sama, Anda butuh kualitas SDM seperti apa Unhas yang siapkan," terang Prof. Farida.

Pada tahap awal, Wakil Rektor meminta kalangan industri bekerja sama dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa Unhas magang kerja. Sehingga setelah lulus industri bisa langsung melakukan perekrutan.

Staf Khusus Menteri Pertanian Prof. Ir. Moh. Arsyad mewakili Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman juga mendorong Unhas lebih banyak menjalin kerja sama dengan industri, untuk mengetahui kebutuhan dunia industry, dan menjawabnya dengan lulusan yang siap memenuhi kebutuhan pasar industri.

"Perkuat riset terapan sesuai kebutuhan industri," tutur Arsyad.

Sebelumnya Direktur Hubungan Alumni Unhas Dr. Andi M. Akhmar mengemukakan acara kolaborasi Unhas dan industri ini dihadiri 100 industri mitra yang diharapkan terus meningkatkan kerja sama untuk bisa merekrut lulusan Unhas di perusahaan-perusahaannya.

"Unhas ini terbaik di Indonesia Timur, dan ke depan menuju ranking 2 di Indonesia," pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3408 seconds (0.1#10.140)