Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan BUMN dalam Bidang IT, Apa Saja?

Sabtu, 11 Mei 2024 - 11:00 WIB
loading...
Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan BUMN dalam Bidang IT, Apa Saja?
Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan perusahaan BUMN di bidang Teknologi Informasi (TI). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan kuliah yang lulusannya paling dibutuhkan perusahaan BUMN dalam bidang IT (Teknologi Informasi). Bekerja dan berkarier di perusahaan yang dibawahi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah mimpi bagi banyak orang.

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, jurusan yang berhubungan dengan Informasi dan Teknologi (IT) akan sangat dibutuhkan. Artikel kali ini akan membahas daftar jurusan kuliah yang lulusannya paling dibutuhkan BUMN dalam bidang IT, simak ya!

6 Jurusan IT yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Perusahaan BUMN


1. Ilmu Komputer


Jurusan Ilmu Komputer mempelajari dan memperdalam tentang penggunaan dan prinsip-prinsip matematika serta logika dalam konteks komputasi. Perusahaan BUMN yang banyak membutuhkan lulusan ini adalah perusahaan yang bergerak dalam perbankan, seperti BRI, BNI, dan Mandiri.

2. Teknik Informatika


Dalam jurusan Teknik Informatika mengajarkan mahasiswanya untuk memiliki pemahaman yang luas tentang software, sistem informasi, dan manajemen jaringan komputer.

Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini memiliki kesempatan yang luas untuk berkarir sebagai analis sistem, insinyur perangkat lunak, dan insinyur jaringan komputer.

3. Teknik Telekomunikasi


Pada jurusan Teknik Telekomunikasi menerapkan metode tentang pengembangan, pelaksanaan, dan pengelolaan sistem telekomunikasi. Salah satu perusahaan BUMN yang banyak membutuhkan lulusan ini adalah Telkom Indonesia.


4. Teknik Elektro


Jurusan Teknik Elektro banyak mempelajari tentang prinsip fisika dan matematika dalam konteks elektromagnetisme, dan listrik.
Oleh sebab itu, bagi mahasiswa yang lulus dari jurusan ini akan memiliki kemampuan dalam bidang elektronika dan domain listrik.

5. Sistem Informasi


Dalam jurusan Sistem Informasi mahasiswa akan mempelajari bagaimana caranya untuk menggabungkan teknologi informasi dengan aspek bisnis dan manajemen.

Beberapa perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan jurusan ini, di antaranya PT Kimia Farma, PT Pos Indonesia, dan PT Jasa Marga.

6. Data Science


Mahasiswa yang lulus dari jurusan Data Science akan memiliki kemampuan untuk memahami pengelolaan dan analisis data.
Dengan kemampuan tersebut mahasiswa memiliki peluang untuk bekerja dan berkarir sebagai ilmuan data, analis data dan analis bisnis di berbagai perusahaan BUMN.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)
pixels