14 Sekolah Kedinasan yang Hanya Menerima Lulusan IPA & SMK di Seleksi 2024

Jum'at, 17 Mei 2024 - 09:01 WIB
loading...
14 Sekolah Kedinasan yang Hanya Menerima Lulusan IPA & SMK di Seleksi 2024
Setidaknya ada 14 sekolah kedinasan di sejumlah prodinya yang hanya menerima lulusan IPA dan SMK. Foto/Poltek SSN.
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada 14 sekolah kedinasan di sejumlah prodinya yang hanya menerima lulusan IPA dan SMK dari jurusan tertentu di seleksi Sekolah Kedinasan 2024. Berikut ini daftarnya.

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024 telah dibuka sejak 15 Mei hingga 13 Juni mendatang. Bagi para lulusan SMA/MA/SMK/MAK yang ingin lanjut kuliah dan jadi CPNS, di sinilah kesempatanmu.

Baca juga: Tes Apa Saja untuk Masuk STIS? Simak Penjelasannya

Selain syarat nilai rapor dan hasil UTBK, beberapa sekolah kedinasan ada yang membuka peluang lulusan SMA/SMK dari berbagai jurusan namun ada juga yang terbatas untuk lulusan IPA saja.

Dikutip dari laman masing-masing sekolah kedinasan, berikut ini 14 sekolah kedinasan yang hanya menerima lulusan IPA dan SMK khusus jurusan tertentu sesuai kebutuhan prodi.

14 Sekolah Kedinasan yang Hanya Menerima Lulusan IPA & SMK di Seleksi 2024

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)


Sekolah kedinasan di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ini hanya menerima siswa kelas 12 lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari SMA jurusan IPA dan tidak ada untuk lulusan IPS.

Dibuka juga untuk lulusan SMK untuk jurusan Teknik Robotik, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, Teknik Elektronika Industri, Teknik Audio Video.

2. Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD


Ini adalah sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan untuk matra darat. PTDI-STTD tahun ini membuka untuk prodi D4 Transportasi Darat, D4 Teknologi Rekayasa Otomotif, dan D3 Manajemen Transportasi Jalan.

PTDI hanya menerima siswa SMA/MA IPA Sederajat, SMA Kurikulum Merdeka kelompok Mapel MIPA, dan SMK/MAK dari jurusan tertentu sesuai kebutuhan masing-masing prodi.

3. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PTKJ) Tegal


PTKJ Tegal juga merupakan sekolah kedinasan Kemenhub yang membuka prodi D4 Rekayasa Sistem Transportasi Jalan, D4 Teknologi Rekayasa Otomotif, dan D3 Teknologi Otomotif.

Baca juga: Apakah Bisa Mendaftar 2 Sekolah Kedinasan Sekaligus? Simak Aturannya

PTKJ Tegal membuka kesempatan siswa SMA/MA IPA Sederajat, SMA Kurikulum Merdeka Kelompok Mata Pelajaran MIPA (Matematika dan Fisika), SMK/MAK dari jurusan tertentu.

3. Politeknik Perkeretapian Indonesia (PPI) Madiun


Sekolah kedinasan yang hanya membuka prodi D3 terkait perkeretapian seperti Manajemen Transportasi, Teknologi Mekanika, Teknologi Elektro, dan Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretapian ini juga khusus lulusan IPA dan SMK jurusan tertentu.

4. Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (Poltektrans) SDP Palembang


Lulusan SMA/MA IPA , SMA Kurikulum Merdeka Kelompok Mata Pelajaran MIPA, dan SMK dari jurusan sesuai dengan prodi adalah yang dicari Poltektrans SDP Palembang.

5. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali


Ada 3 prodi yang dibuka Poltrada Bali dan yang khusus lulusan SMA IPA adalah D3 Manajemen Transportasi Jalan.

6. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar


PIP Makassar membuka 28 formasi dan mensyaratkan lulusan IPA, MIPA, dan SMK dari jurusan tertentu sesuai prodi.

7. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya


Dengan 81 formasi untuk empat prodi Poltekpel Surabaya juga membutuhkan lulusan IPA dan SMK dari berbagai jurusan.

8. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh


Poltekpel Malahayati Aceh menyediakan prodi D3 Sistem Kelistrikan Kapal dan mensyaratkan lulusan SMA/MA IPA sederajat dan SMK sebanyak 101 taruna.

Baca juga: Pendaftaran Poltek SSN 2024 Dibuka, Sekolah Kedinasan Lulusannya Jadi CPNS

9. Poltekpel Sorong


Poltekpel Sorong membutuhkan 3 calon taruna untuk dididik di prodi D3 Permesinan Kapal dengan syarat lulusan SMA/MA IPA, MIPA (Kurikulum Merdeka) dan SMK/MAK berbagai jurusan.

10. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug


Syarat lulusan SMA IPA berada di Prodi D4 Teknik Listrik Bandara, D4 Teknik Navigasi Udara, D4 Teknik pesawat Udara, dan D4 lalu Lintas Udara.

11. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya


Poltekbang Surabaya membuka dua prodi dan di prodi D3 Teknik Bangunan dan Landasan mensyaratkan lulusan SMA IPA, MIPA (Kurikulum Merdeka) dan SMK jurusan tertentu.

12. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar


Poltekbang Makassar membutuhkan lulusan SMA/MA IPA, MIPA (Kurikulum Merdeka) dan SMK jurusan tertentu di D3 Teknologi Bandar Udara

13. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan


Lulusan SMA IPA, MIPA, dan SMK jurusan tertentu boleh mendaftar Prodi D3 Teknik Listrik Bandar Udara di Poltekbang Medan

14. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang


Hanya membuka Prodi D4 Teknologi Rekayasa Udara, Poltekbang Palembang mensyaratkan lulusan SMA/MA IPA, MIPA (Kurikulum Merdeka) dan SMK.

Demikian sejumlah sekolah kedinasan yang mensyaratkan lulusan IPA di beberapa prodinya di seleksi Sekolah Kedinasan 2024. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)
pixels