Pembelajaran Berbasis Praktik di SMK, Siapkan Lulusan Profesional untuk Bekerja dan Berwirausaha

Kamis, 23 Mei 2024 - 13:20 WIB
loading...
Pembelajaran Berbasis Praktik di SMK, Siapkan Lulusan Profesional untuk Bekerja dan Berwirausaha
Guru dan Staf Humas Nuvrida SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang memamerkan kreasi parfum premium sekolahnya. Foto/Neneng Zubaidah.
A A A
JAKARTA - Pilihan bagi lulusan SMK sejatinya tidak hanya melanjutkan kuliah. Namun dengan mendapatkan praktik di sekolah, mereka bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Ini sebetulnya yang menjadi keunggulan SMK. Bukan hanya mengejar akademik namun juga siswa langsung dilatih juga mendapat pengalaman dari industri.

Maka prinsip pembelajaran menyenangkan terjadi di SMK. Siswa tidak hanya duduk di dalam kelas namun bisa langsung praktik. Di mana bukan hanya ajang mengekspresikan diri tetapi juga membekali untuk turun ke industri.

Hal ini yang terjadi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Guru dan Staf Humas Nuvrida nampak sibuk menata botol-botol berwarna biru pada pameran INABUYER EXPO 2024 di Jakarta.

Baca juga: Bingung Pilih Sekolah Unggulan? Ini 10 SMK Terbaik di Indonesia Versi LTMPT

Nuvrida menjelaskan, botol-botol itu adalah parfum laundry kelas premium yang langsung diproduksi di sekolahnya melalui teaching factory. Produk tersebut diberi nama Nareswari Premium Parfume Laundry.

"Sekolah kami ada teaching factory, bagaikan pabrik kecil di dalam sekolah. Di Tefa, kami membuat parfum linen dan ruangan jadi bisa digunakan untuk mewangikan baju dan ruangan," ujarnya, dikutip Kamis (23/5/2024).

Nuvrida mengatakan, parfum tersebut dibuat oleh siswa jurusan Perhotelan. Awalnya bibit parfum dibeli di luar lalu siswa di sekolah akan meramu kembali parfum tersebut sehingga akan muncul aroma wangi yang mewah.

"Dibuatnya dengan tiga rumus wewangian. Untuk wangi bagian atas untuk aroma semerbak. Lalu bagian midlle agar aroma khusus bisa nempel di kain, dan bottom agar wanginya bisa nempel sampai ke kulit," ujarnya.

Baca juga: 17 Jurusan SMK Paling Diminati, Cuan Juga Bergaji Tinggi

Produk yang dibuat SMK Muhammadiyah 3 Singosari ini tidak hanya melibatkan siswa jurusan Perhotelan saja. Namun demi memberikan pengalaman kerja dan bagaimana membuka peluang usaha maka siswa jurusan lain pun diikutsertakan.

Jika siswa perhotelan menghandle pembuatan parfum maka siswa jurusan Akuntansi yang bertugas membuat laporan keuangannya, lalu jurusan Perkantoran membantu penjualannya, dan jurusan Desain Komunikasi Visual yang membuat desain botolnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)
pixels