Perbedaan Jalur Reguler A dan B di Penerimaan PKN STAN 2024, Cek Sebelum Daftar

Jum'at, 24 Mei 2024 - 10:33 WIB
loading...
Perbedaan Jalur Reguler A dan B di Penerimaan PKN STAN 2024, Cek Sebelum Daftar
Tahun ini PKN STAN telah membuka pendaftaran calon mahasiswa tahun akademik 2024/2025 hingga ditutup pada 13 Juni mendatang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan jalur Reguler A dan B di penerimaan PKN STAN 2024 yang perlu diketahui. Politeknik Keungan Negara (PKN) STAN merupakan Sekolah Kedinasan favorit di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Tahun ini PKN STAN telah membuka pendaftaran calon mahasiswa tahun akademik 2024/2025 hingga ditutup pada 13 Juni mendatang

Dalam penerimaan PKN STAN 2024, ada beberapa jalur yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah jalur reguler PKN STAN 2024. Namun jalur reguler ini dibagi lagi menjadi jalur reguler A dan jalur reguler B. Lantas apa perbedaan keduanya? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

Perbedaan Jalur Reguler A dan Reguler B di PKN STAN 2024


A. Jalur Reguler A


Adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama.

Seperti Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Kelompok Belajar Paket C/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/Sekolah Menengah Agama Kristen/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Khonghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.

B. Jalur Reguler B


Adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh lulusan pendidikan menengah atas yang pada tahun 2023 menjadi finalis pada lomba Olimpiade APBN atau Bedah Data APBD yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.


Jalur Reguler A PKN STAN Wajib Nilai UTBK


Lulusan SMA/SMK sederajat yang ikut penerimaan PKN STAN 2024 lewat jalur reguler A wajib menyertakan nilai UTBK 2024 (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dengan minimal nilai sesuai ketentuan yang berlaku. Sedangkan lulusan SMA/SMK yang mendaftar jalur reguler B tidak perlu menyertakan nilai UTBK 2024.

Jalur Lain yang Dibuka PKN STAN 2024


Jalur Afirmasi Kewilayahan


Jalur Afirmasi Kewilayahan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru khusus untuk lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama seperti Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Kelompok Belajar Paket C/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/Sekolah Menengah Agama Kristen/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Khonghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat dari wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah afirmasi untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah diutamakan pada wilayah afirmasi tersebut. Daftar wilayah afirmasi dan pembagian alokasi terlampir.

Jalur Pembibitan


Jalur Pembibitan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama seperti Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Kelompok Belajar Paket C/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/Sekolah Menengah Agama Kristen/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Khonghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat melalui mekanisme kerja sama PKN STAN dengan pemerintah daerah.
Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pendidikan akan ditempatkan pada instansi pemerintah daerah asal.

Kuota PKN STAN Tiap Prodi Masing-masing Jalur


Daftar pemerintah daerah yang melakukan kerja sama dan pembagian alokasi terlampir. Berikut rincian kuota di penerimaan PKN STAN 2024 untuk masing-masing program studi di setiap jalur penerimaan.

1. Jalur reguler

• Prodi Akuntansi Sektor Publik Program Sarjana Terapan: 117 Prodi

• Manajemen Keuangan Negara Program Sarjana Terapan: 215 Prodi

• Manajemen Aset Publik Program Sarjana Terapan: 85

2. Jalur Afirmasi Kewilayahan

• Prodi Akuntansi Sektor Publik Program Sarjana Terapan: 45
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)
pixels