Tingkatkan Kompetensi Digital, Generasi Muda Lampung Timur Ikuti Diskusi Literasi

Senin, 27 Mei 2024 - 07:46 WIB
loading...
A A A
Pentingnya pendampingan menggunakan internet untuk generasi muda diyakini guru dan kreator konten Indonesia Anistia Rizki Khoirunnisa. ”Banyak aplikasi pendidikan online yang bermanfaat untuk pengembangan diri. Misalnya Udemy, Linkedin Learning, Skillshare, Coursera, Google Scolar, di samping pengembangan keterampilan seperti aplikasi desain grafis,” jelas Anistia

Salah satu narasumber diskusi, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung Muhammad Said Hasibuan menuturkan, berada di dunia maya membutuhkan kekebalan digital. Sistem kekebalan digital berfungsi untuk perlindungan data dan privasi.

”Mirip dengan sistem kekebalan manusia, sistem kekebalan digital memainkan peran penting dalam melindungi privasi, terutama untuk memastikan bahwa data atau informasi pribadi tidak terbuka untuk ancaman keamanan,” jelasnya.

Adapun pentingnya kesadaran keamanan data diri diungkap oleh komposer sekaligus anggota Kangen Band Dodhy Hardiyanto, yang sekaligus memungkasi diskusi. ”Tujuan perlindungan data pribadi, yakni menghormati privasi individu. Memastikan bahwa informasi pribadi tidak disalahgunakan atau diakses oleh pihak yang tidak berwenang,” ujar Dodhy.

Untuk diketahui, diskusi luring seperti digelar di Kabupaten Lampung Timur ini berada di bawah naungan program besar: Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD). GNLD digelar sebagai salah satu upaya Kemenkominfo untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)
pixels