Dear Mahasiswa, Undip Sepakat Tidak Menaikkan UKT dan IPI 2024

Selasa, 28 Mei 2024 - 12:48 WIB
loading...
Dear Mahasiswa, Undip Sepakat Tidak Menaikkan UKT dan IPI 2024
UKT dan IPI 2024 yang berlaku di Undip akan tetap sama dengan biaya kuliah yang berlaku di tahun 2023. Foto/IKA Undip.
A A A
JAKARTA - Universitas Diponegoro (Undip) menindaklanjuti pembatalan kenaikan UKT 2024 yang disampaikan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Bagi mahasiswa yang ingin masuk Undip bisa bernapas lega karena biaya kuliah sama dengan tahun lalu.

Rektor Undip Suharnomo mengatakan, Uang Kuliah Tunggal (UKT) 2024 yang berlaku di Undip akan tetap sama dengan biaya kuliah yang berlaku di tahun 2023.

"Undip tahun 2024 ini tidak menaikkan UKT (tetap sama dengan Tahun 2023)," demikian Suharnomo menjelaskan, melalui siaran pers, dikutip dari laman Undip, Selasa (28/5/2024).

Baca juga: Kenaikan UKT Dibatalkan, DPR Harap Student Loan Tidak Jadi Solusi Instan

Suharnomo melanjutkan, tidak hanya UKT, Undip juga tidak menaikkan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau Iuran Pengembangan Institusi (IPI) 2024 yang berlaku di jalur seleksi mandiri.

"Undip juga berkomitmen untnuk tidak menaikkan SPI/IPI di Tahun 2024 (sama dengan SPI di Tahun 2023)," lanjut Suharnomo.

Dia mengatakan, pembatalan kenaikan UKT dan IPI ini dilakukan setelah mendengar suara mahasiswa, mencermati aspirasi publik, dan empati terhadap masyarakat yang masih diliputi mendungnya dunia usaha atau ekonomi.

Baca juga: Jokowi Soal UKT: Dievaluasi Dulu Kemungkinan Naik Tahun Depan

"Demikian pengumuman ini dibuat, semoga menjadi kontribusi kecil dari UNDIP untuk mimpi besar akan keterjangkauan pendidikan yang berkualitas bagi sebagian besar anak bangsa," ujarnya.

Rektor Undip menuturkan, dalam satu hingga dua hari mendatang akan ada regulasi terbaru mengenai biaya kuliah di Undip setelah pengumuman pembatalan kenaikan UKT dan IPI ini dilakukan.

Sebelumnya diberitakan, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim membatalkan kenaikan UKT setelah pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, kemarin siang.

Pembatalan ini merupakan berita membahagiakan bagi mahasiswa maupun orang tua yang menjerit tatkala uang kuliah di PTN naik tiba-tiba dengan nominal yang sangat signifikan.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3802 seconds (0.1#10.140)
pixels