Kenaikan UKT Tahun 2024 Dibatalkan, Ini Respons Unnes

Selasa, 28 Mei 2024 - 14:48 WIB
loading...
Kenaikan UKT Tahun 2024...
Unnes merespons dengan cepat pengumuman pembatalan kenaikan UKT tahun ini. Foto/Unnes.
A A A
JAKARTA - Setelah mendapat banyak penolakan UKT 2024 akhirnya batal naik. Unnes pun merespons dengan cepat pengumuman pembatalan kenaikan biaya kuliah tersebut.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) S Martono mengatakan, kampus yang dipimpinnya pada tahun 2024 tidak memberlakukan kenaikan UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI).

Hal ini dilakukan, ujarnya, setelah mencermati aspirasi dari berbagai pihak dan berdasarkan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengenai dinamika Uang Kuliah Tunggal (UKT),

Baca juga: Kenaikan UKT Dibatalkan, Bagaimana Nasib Mahasiswa yang Sudah Membayar?

"Sebagai perguruan tinggi negeri yang taat azas, Unnes berkomitmen mewujudkan pendidikan berkualitas dan terjangkau sebagai ikhtiar mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya, dikutip dari Instagram resmi Unnes, Selasa (28/5/2024).

Martono menjelaskan, aturan teknis sebagai konskuensi dari pembatalan kenaikan biaya kuliah dan uang pangkal tersebut akan segera diumumkan melalui media resmi Unnes.

Sebelumnya, Undip juga telah mengumumkan mengenai pembatalan kenaikan UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) 2024. Hal ini dilakukan seiring dengan langkah Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim yang membatalkan kenaikan UKT kemarin siang.

Baca juga: Jokowi Soal UKT: Dievaluasi Dulu Kemungkinan Naik Tahun Depan

Rektor Undip Suharnomo menegaskan, UKT dan IPI Undip 2024 akan sama nominalnya dengan UKT dan IPI 2023. Undip memiliki harapan untuk memberikan pendidikan berkualitas bagi sebagian besar anak bangsa.

Meski UKT 2024 tidak naik namun masyarakat perlu waspada akan biaya kuliah tahun depan. Sebab Presiden Joko Widodo menyatakan, Kemendikbudristek saat ini akan melakukan kajian dan evaluasi usulan kenaikan UKT di semua PTN.

Ditemui usai Inaugurasi Ansor Masa Depan di Istora Senayan, Jokowi mengatakan, setelah dikaji dan dievaluasi ada kemungkinan UKT yang tidak naik tahun ini akan dimulai kenaikannya tahun depan.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)