Career Planning Bantu Siswa Tentukan Pilihan Jurusan Kuliah yang Tepat

Kamis, 30 Mei 2024 - 15:34 WIB
loading...
Career Planning Bantu...
Untuk memilih jurusan kuliah yang tepat diperlukan bimbingan dari sekolah dan juga orang tua. Foto/Sekolah Pribadi Depok.
A A A
DEPOK - Memilih jurusan kuliah yang tepat bukan perkara mudah bagi siswa. Diperlukan bimbingan dan arahan baik dari orang tua dan juga sekolah.

Kadang masih ada siswa yang memilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan teman. Bahkan ada juga anak yang terpaksa masuk jurusan karena dipaksa orang tuanya.

Imbasnya karena jurusan kuliah yang dipilih tidak sesuai minat dan bakat, kuliah pun terganggu. Guna mencegah terjadinya kasus salah jurusan, Sekolah Pribadi School Depok memiliki cara unik yakni dengan membuat Career Planning (CP) siswa sejak kelas 10.

Baca juga: Mau Jadi Pengacara Hebat? Daftar di 10 Kampus Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia Versi THE AUR 2024 Ini

“CP ini penting agar anak fokus dan tidak bingung saat memilih jurusan di perguruan tinggi. CP juga berguna untuk karier di masa depan,” kata Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Pribadi, Depok, Bibit Wiyana, dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (30/5/2024).

Bibit menjelaskan, sekolah melakukan serangkaian tes untuk melihat potensi dan bakat anak. Data itu kemudian digunakan sebagai pijakan dalam membuat Career Planning agar hasilnya optimal.

“Dalam diskusi dengan orang tua dibahas soal bakat, potensi dan sederet pilihan karier yang akan berkembang di masa depan. Anak suka, orangtua mendukung,” tuturnya.

Jika anak memiliki pilihan karier berbeda dari potensi dan bakatnya, Bibit mengatakan, hal itu bisa terjadi. Karena itu, CP dibuat di awal kelas 10, sehingga siswa memiliki satu tahun untuk memantabkan pilihan kariernya.

“Dalam satu tahun itu, anak diberi pilihan pembelajaran dan keahlian yang diinginkan. Jika dirasakan tidak sesuai, siswa boleh mengubah CP-nya,” ucapnya.

Pembuatan CP, menurut Bibit, sekaligus mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab atas pilihannya tersebut, yang ditunjukkan lewat semangat belajar, fokus, tekun dan tak kenal lelah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)