Bekali Warga Literasi Digital, Kemenkominfo Gelar Talkshow di Tanggamus Provinsi Lampung

Minggu, 02 Juni 2024 - 09:11 WIB
loading...
Bekali Warga Literasi Digital, Kemenkominfo Gelar Talkshow di Tanggamus Provinsi Lampung
Talkshow literasi digital yang digelar Kemenkominfo di Kabupaten Tanggamus, Lampung, Sabtu (1/6/2024) berlangsung meriah. Foto/Ist.
A A A
TANGGAMUS - Puluhan ribu warga masyarakat Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung , digoyang ratu dangdut Inul Daratista di Lapangan Gisting Atas, Tanggamus, Sabtu (1/6/2024). Diva dangdut itu sengaja dihadirkan untuk memeriahkan diskusi literasi digital yang dikemas dalam format talkshow, ”chip in” di acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024.

Mengusung tema ”Menghidupi Persatuan Indonesia: Jangan Mudah Terprovokasi di Era Luapan Informasi”, diskusi luring (offline) yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama komunitas pemuda setempat itu bertujuan untuk memberikan bekal literasi digital kepada komunitas atau warga masyarakat Tanggamus dan sekitarnya.

Hadir memberikan keynote speech Pj. Bupati Kabupaten Tanggamus Mulyadi Irsan, yang mengingatkan warganya bahwa era luapan informasi ditandai dengan melimpahnya informasi dan data yang tersedia bagi individu, organisasi, dan masyarakat.

Fenomena ini, menurut Mulyadi, didorong oleh kemajuan teknologi, khususnya perkembangan perangkat digital, internet, dan platform media sosial yang telah memudahkan akses terhadap informasi tersebut dan memfasilitasi penciptaan, penyebaran, dan penyimpanan data dalam jumlah besar.



”Era luapan informasi memiliki kerentanan terhadap provokasi, karena volume informasi yang berlebihan itu kualitasnya beragam. Belum lagi, sifat kecepatan dan kemudahan yang dimiliki teknologi digital yang didukung algoritma media sosial, sangat mendukung terjadinya manipulasi dengan agenda tersembunyi,” jelas Mulyadi Irsan dalam keterangan resmi, Sabtu (1/6/2024)

Di akhir paparannya, Mulyadi mengajak peserta diskusi untuk belajar berpikir kritis dalam menghadapi era luapan informasi. ”Belajar mengenali bias dan agenda, lalu evaluasi sumber informasi, periksa fakta, hindari respons emosional cepat, gunakan pendekatan skeptis, analisis bukti, pelajari logika dan kesalahan berpikir, tingkatkan literasi, dan gunakan sumber yang beragam,” katanya.

Diskusi luring yang dimeriahkan dengan penampilan pedangdut Inul Daratista ini, juga dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan sejumlah komunitas masyarakat di Tanggamus.

Di antaranya, komunitas Turonggo Cipto Manunggal Cabang Tanggamus, Persatuan Seni Kuda Lumping Tanggamus (PKLT), komunitas Reog Lampung, Forum UMKM Tanggamus, dan Goweser Tanggamus.

Kasat Intelkam Polres Tanggamus Iptu Arbiyanto mengatakan, tingginya aktivitas digital masyarakat membuka potensi buruk, seperti penipuan, pencurian akun, dan hoaks. Untuk itu, pengguna digital perlu pemahaman terkait keamanan digital.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)
pixels