Kenali Bahaya dan Ancaman Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan

Senin, 03 Juni 2024 - 15:02 WIB
loading...
Kenali Bahaya dan Ancaman Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan
Semua aktivitas di dunia digital tak terkecuali di dunia pendidikan akan meninggalkan jejak digital yang sulit dihapus. Dibutuhkan sikap kehati-hatian saat beraktivitas di dunia digital. Foto ilustrasi/Ist
A A A
ROKAN HILIR - Hal yang kurang disadari pengguna saat berada di ruang digital, yaitu adanya jejak digital yang ditinggalkan di internet. Semua jenis aktivitas digital akan meninggalkan rekam jejak yang sulit dihapus. Karena itu perlu untuk mengenali bahaya ancaman dan perlunya sikap kehati-hatian saat meninggalkan rekam jejak digital di dunia maya.

Pengawas SMA Provinsi Riau Rozi Rizajulianti mengungkapkan hal tersebut saat menjadi narasumber dalam webinar literasi digital di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, Senin (3/6/2024).

Diskusi untuk segmen pendidikan yang diikuti siswa dan tenaga pendidik itu, diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau.

Rozi mengatakan, salah satu ancaman terbesar bagi kaum muda di situs media sosial adalah rekam jejak digital dan reputasi masa depan mereka. Jejak digital merupakan rekam atau bukti yang ditinggalkan setelah aktivitas di internet yang berpotensi untuk dicari, disalin, dicuri, dipublikasi, dan dikutip orang lain.

”Jejak data yang dibuat dan ditinggalkan saat kita menggunakan perangkat digital dapat membuat citra diri seseorang. Jejak digital buruk dapat merugikan diri sendiri,” tutur Rozi.



Dalam diskusi bertajuk ”Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”, Rozi menyebut bentuk jejak digital yang biasanya ditinggalkan. Di antaranya, riwayat pencarian, pesan teks, foto dan video yang kita unggah, lokasi, interaksi media sosial, hingga persetujuan akses cookies.

”Ada dua jenis jejak digital aktif dan pasif. Jejak aktif merupakan data yang sengaja dibuat atau ditinggalkan oleh pengguna. Jejak pasif, data yang ditinggalkan secara daring dengan tidak sengaja dan tanpa sepengetahuan kita,” sebutnya.

Manfaat rekam jejak digital bagi siswa, menurut Rozi, untuk membangun identitas digital, memperluas jaringan, refleksi diri, meningkatkan kreativitas, pengakuan prestasi, dan peluang akademik. ”Rawat jejak digital kita selalu positif, karena jejak digital tak mungkin bisa dihapus,” pungkas Rozi Rizajulianti di depan para pendidik dan siswa sekolah yang mengikuti diskusi online dengan menggelar nonton bareng (nobar) dari sekolah masing-masing.

Beberapa sekolah yang menggelar nobar diskusi online di Kabupaten Rokan Hulu, di antaranya: SMPN 1 Ujung Batu, SMPN 6 Tambusai Utara, SMAN 1 Rambah, SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5 Tambusai Utara, SMAN 1 Kunto Darussalam, SMAN 1 Tandun, SMAN 1 Kabun, SMAN 1 Rambah Samo, SMAN 2 Ujung Batu, SMAN 1 Bangun Purba, dan SMAN 1 Pagaran Tapah Darussalam.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)
pixels