Jalur Prestasi UGM 2024 Dibuka hingga 12 Juni, Berapa UKTnya?

Selasa, 04 Juni 2024 - 09:15 WIB
loading...
Jalur Prestasi UGM 2024...
UGM membuka penerimaan mahasiswa jalur prestasi atau yang dikenal dengan Penelusuran Bibit Unggul (PBU) hingga 12 Juni 2024. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - UGM membuka penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi atau yang dikenal dengan Penelusuran Bibit Unggul (PBU) hingga 12 Juni 2024. Berikut ini persyaratannya.

Penelusuran Bibit Unggul (PBU) Universitas Gadjah Mada (UGM) dibagi menjadi tiga kategori. Yaitu Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), dan Penelusuran Bibit Unggul Afirmasi dan Daerah 3T Tridharma.

Prestasi yang Diakui di Jalur PBUB


Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan UGM Hempri Suyatna mengatakan, ragam prestasi yang diakui di jalur PBUB seperti di bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga: Gagal SNBP dan SNBT? Ini 3 Jalur Mandiri UGM 2024 yang Masih Buka Pendaftaran

Level kejuarannya bisa provinsi, nasional, kejuaraan yang diselenggarakan langsung oleh UGM, hingga tingkat kejuaraan internasional yang dibuktikan dengan sertifikat atau piagam kejuaraan.

Siswa yang ingin mendaftar jalur PBU adalah peserta yang sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan atau satu tahun terakhir, serta berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli pada tahun berjalan.

Baca juga: UGM Batalkan Kenaikan UKT 2024, Biaya Kuliah Sama dengan Tahun Lalu

Selain itu, tambahnya, juga direkomendasikan oleh sekolah, termasuk 25 persen siswa terbaik di kelasnya untuk IPTEK, 50 persen untuk olahraga dan seni, atau minimal juara 5 pada kejuaraan olahraga internasional, serta memiliki surat keterangan kelas 12 atau surat keterangan lulus.

UGM memberi kesempatan calon mahasiswa memilih maksimal dua jurusan dari 93 program studi jenjang Sarjana (S1) maupun Prodi Sarjana Terapan (D4).

“Seluruh klaster meliputi soshum, agro, medika, dan saintek dapat dipilih oleh pendaftar,” terangnya, dikutip dari laman UGM, Selasa (4/6/2024).

PBUTM Bisa untuk KIP Kuliah


Sementara Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM Sigit Priyanta menjelaskan, PBUTM diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang mengalami kendala ekonomi namun memiliki kemampuan akademik tinggi.

Kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan di jalur PBUTM UGM 2024 ini seperti pemegang atau pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang terdata pada Data Terpadi Kesejahtetaan Sosial (DTKS).

Baca juga: Pertama di Asia dan Indonesia, Ini Prodi Profesi Terbaru UGM
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)