Lulusan Sastra Indonesia Bisa Kerja Dimana? Ini 4 Peluang Karier Menantang Lulusannya

Minggu, 09 Juni 2024 - 09:30 WIB
loading...
Lulusan Sastra Indonesia Bisa Kerja Dimana? Ini 4 Peluang Karier Menantang Lulusannya
Jurusan Sastra Indonesia adalah jurusan yang mempelajari segala hal terkait bahasa, sastra, dan budaya yang ada di Indonesia. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 prospek kerja lulusan jurusan Sastra Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia selama ini sering dipandang sebelah mata oleh para calon mahasiswa.

Penyebabnya tentu saja adalah karena jurusan Sastra Indonesia tidak memberikan banyak pilihan profesi atau karier.Benarkah demikian? Mengutip, usd.ac.id, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 4 prospek kerja bagus jurusan Sastra Indonesia, simak ya!

4 Peluang Karier Lulusan Jurusan Sastra Indonesia


1. Editor Media


Editor adalah sosok yang bertanggung jawab terhadap kelayakan sebuah naskah. Baik editor media cetak atau online, harus menguasai keterampilan dalam bahasa dan dalam hal ini jurusan Sastra Indonesia adalah ahlinya.

2. Copy Writer


Alumni Sastra Indonesia bisa bekerja di perusahaan periklanan sebagai seorang copy writer. Tugas dari copy writer ini adalah menulis naskah iklan bagi perusahaan klien yang akan dipublish pada berbagai platform media.

3. Content Writer


Lulusan Sastra Indonesia bisa bekerja pengisi konten di berbagai website atau media online. Itulah tugas content writer yang mengharuskan menulis konten menarik agar menarik minat pembaca.

4. Jurnalis


Seorang jurnalis membutuhkan kemampuan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Lulusan Sastra Indonesia tentu saja paling unggul dalam bidang ini. Dia akan mampu menjadi sosok jurnalis dengan kemampuan bahasa yang mumpuni.


Mengenal Jurusan Sastra Indonesia


Jurusan Sastra Indonesia adalah jurusan yang mempelajari segala hal terkait bahasa, sastra, dan budaya yang ada di Indonesia. Itulah tiga aspek utama yang akan dikaji oleh mahasiswanya.

Ketika masuk jurusan ini, kamu akan dilatih untuk terampil dalam membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Jadi, begitu lulus dari jurusan ini, kamu sudah punya modal, yakni ketelitian dan kemampuan komunikasi untuk masuk ke dunia kerja.

Bukan cuma itu saja. Daya analisis, pemikiran kritis, hingga pengetahuanmu tentang budaya, sosial, dan sejarah juga akan diuji. Makanya, di Jurusan Sastra Indonesia memperbanyak bacaan

Mata Kuliah Jurusan Sastra Indonesia


Mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Sastra Indonesia selalu terkait dengan tiga aspek tadi, yakni bahasa, sastra, dan budaya.
Pada awal perkuliahan, kamu akan belajar mata kuliah dasar, seperti Pengantar Kesusastraan, Pengantar Linguistik Umum, dan Pengantar Filologi.

Tidak cuma itu, ada juga mata kuliah menarik yang diberikan oleh beberapa universitas, yaitu bahasa asing dan bahasa lampau.Misalnya, Bahasa Arab, Bahasa Belanda, Bahasa Sansekerta, Bahasa Jawa Kuno, dan Bahasa Melayu Klasik
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6078 seconds (0.1#10.140)
pixels