Bukan Hanya Tamatan SMA, Ini 7 Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK

Minggu, 09 Juni 2024 - 10:00 WIB
loading...
Bukan Hanya Tamatan SMA, Ini 7 Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK
Selain lulusan SMA/MA, sejumlah Sekolah Kedinasan juga menerima lulusan SMK. Salah satunya Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN). Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 7 Sekolah Kedinasan yang menerima lulusan SMK. Pendaftaran Sekolah Kedinasan telah dibuka mulai 15 Mei 2024 hingga 13 Juni 2024. Selain lulusan SMA/MA, sejumlah Sekolah Kedinasan juga menerima lulusan SMK.Mana saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Daftar Sekolah Kedinasan yang Menerima Lulusan SMK


1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)


STIN adalah salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN) yang menerima pendaftar lulusan SMK. Dalam poin-poin persyaratan, disebutkan bahwa peserta bisa berasal dari SMA/SMK/MA.

Baik lulusan SMA/SMK/MA diharuskan memenuhi syarat rata-rata nilai rapor semester 1-5 minimal 75 (untuk lulusan 2024) dan nilai rata-rata ijazah minimal 80 (untuk lulusan 2022 dan 2023).

2. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)


Kamu lulusan SMK dan ingin belajar di STMKG? Kabar baiknya, sekolah kedinasan milik BMKG ini ternyata tidak hanya menerima lulusan dari SMA/MA jurusan IPS saja, sebagaimana bidang yang akan didalami.

Lulusan SMK dari semua jurusan bisa mendaftar di STMKG asalkan memenuhi persyaratan lain. Misalnya telah lulus dan memiliki ijazah, belum menikah, tidak sedang menjalani ikatan dinas, dan lainnya.


3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)


Sekolah kedinasan lainnya yang bisa dicoba oleh lulusan SMK adalah Poltek SSN. Sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ini menerima lulusan SMA/MA/SMK. Namun, tak semua lulusan SMK bisa daftar. Hanya beberapa jurusan tertentu yang bisa mendaftar, yakni lulusan:

4. Politeknik Statistika STIS


STIS adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang gemar belajar angka-angka, data atau statistika. Baik lulusan SMA/MA/SMK/MAK diperbolehkan mendaftar STIS.

Akan tetapi, ada kriteria khusus bagi pendaftar lulusan SMK/MAK yakni sebelumnya belajar di jurusan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Selain itu, pendaftar juga harus memenuhi syarat seperti tinggi badan minimal, nilai rapor minimal, dan lainnya.

5. Politeknik Imigrasi (Poltekim)


Sekolah kedinasan Poltekim terbuka bagi calon taruna lulusan SMA/MA/SMK/sederajat. Poltekim bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin berkarier dalam bidang imigrasi.

Taruna Poltekim merupakan kandidat terpilih yang setelah lulus bisa langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Bagaimana, tertarik daftar Poltekim?

6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)


Sama seperti Poltekim, Poltekip adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Bagi lulusan SMA atau SMK, diperbolehkan mendaftar di Poltekip. Prospek dari lulusan Poltekip sendiri cukup menjanjikan yakni bisa bekerja di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, lembaga pemasyarakatan, dan sebagainya.

7. Sekolah Kedinasan Kemenhub


Untuk kamu yang ingin berkarier di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kuliah di sekolah kedinasan di bawah naungan kementerian tersebut bisa menjadi pilihan.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)
pixels