Cegah Perundungan, SMP 5 Kudus Buat Aplikasi SiAndung Esmaku

Selasa, 11 Juni 2024 - 14:48 WIB
loading...
Cegah Perundungan, SMP...
SMP 5 Kudus membuat aplikasi untuk mencegah perundungan yang dinamakan SiAndung Esmaku. Foto/SMP 5 Kudus.
A A A
KUDUS - SMP 5 Kudus membuat aplikasi untuk mencegah perundungan terjadi di sekolahnya. Aplikasi tersebut dinamakan SiAndung Esmaku (Sistem Informasi Anti Perundngan SMPN 5 Kudus).

Kepala Sekolah SMP 5 Kudus Abdul Rochim mengatakan, masalah perundungan di sekolah banyak terjadi. Banyak guru dan siswa yang kurang memiliki pemahaman tentang jenis perundungan.

Maka untuk mencegah perundungan, ujarnya, sekolah membuat aplikasi bernama SiAndung Esmaku. Aplikasi ini termasuk dalam program Gerakan Anti Perundngan SMP 5 Kudus (Gapima).

Baca juga: Polisi Tangkap 2 Pelaku Bullying dan Penganiayaan Siswi SD di Depok

Dia menjelaskan, dibuatnya aplikasi ini karena faktanya perundungan itu bisa terjadi di waktu dan tempat yang tidak diketahui guru dan staf sekolah.

"Untuk menyelesaikan masalah perundungan yang terjadi, guru BK mengkonsultasikan masalah tersebut ke Kepala sekolah sehingga ditemukan solusi untuk mencegah dan megurangi masalah perundungan yang dialami oleh siswa dengan membuat aplikasi pengaduan anti perundungan SMP 5 Kudus," katanya pada sesi diskusi di SMP 5 Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Senin (10/6/2024).

Baca juga: Biodata dan Profil 10 Pemain Hierarchy, Drakor Thriller Bullying di Sekolah

Dia menjelaskan, tujuannya dibuat aplikasi ini adalah agar siswa bisa berperan aktif dalam pengaduan perundungan, berbagi praktik baik sesama teman, merasa nyaman mengungkapkan masalah yang dialami.

"Maka dengan mekanisme ini bisa mencegah dan tidak melakukan perundungan di sekolah dan menjadikan SMP 5 Kudus Menjadi Sekolah Ramah Anak," ujarnya.

Dia menerangkan, aplikasi SiAndung Esmaku yang ditunjuk menjadi perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus pada lomba inovasi pelayanan publik telah mendapat juara 2 dan selanjutnya akan masuk ke lomba tingkat nasional.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)