Kompetensi Cakap Digital Perlu Dimiliki Siswa di Era Teknologi Modern

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:05 WIB
loading...
Kompetensi Cakap Digital Perlu Dimiliki Siswa di Era Teknologi Modern
Era kemajuan teknologi perlu dibarengi dengan kompetensi cakap digital masyarakatnya, tak terkecuali di kalangan siswa sekolah. Foto ilustrasi/Ist
A A A
BADUNG - Era kemajuan teknologi perlu dibarengi dengan kompetensi cakap digital masyarakatnya, tak terkecuali para siswa. Cakap digital banyak bermanfaat khususnya bagi anak-anak dalam mengembangkan kreativitas digital mereka.

Kreativitas digital dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan memecahkan masalah dan berpikir kritis, serta meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian.

”Cakap digital mendorong kolaborasi dan kerja tim dalam membuat tugas, dan mempersiapkan mereka untuk pekerjaan di masa depan,” ungkap Pengawas Sekolah Ahli Madya Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Badung, I Gede Joniarta, dalam webinar literasi digital untuk segmen pendidikan yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI bersama Dinas Pendidikan Provinsi Bali, di Kabupaten Badung, Rabu (12/6/2024).

Joniarta mengatakan, kompetensi cakap dan aman berdigital wajib dimiliki para siswa di era teknologi digital. Selain dapat membantu penyelesaian tugas sekolah, kompetensi cakap dan aman berdigital dapat membantu para siswa dalam memahami dan menerapkan keamanan digital.

”Juga, melindungi diri dari penipuan online, menjaga privasi data pribadi, menggunakan internet dengan bertanggung jawab,” jelas Joniarta.



Dalam diskusi virtual bertajuk ”Bikin Tugas Jadi Mudah Bila Cakap Digital” itu, Joniarta mengungkap pentingnya pemahaman kecakapan dan keamanan digital dalam mengerjakan tugas.

Yakni, melindungi data dan informasi penting, mencegah pencurian akun dan data pribadi, menghindari plagiarisme dan konten berbahaya, meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme.

”Manfaat cakap digital dalam pengerjaan tugas, akses informasi cepat, efisiensi waktu, kolaborasi teman sekelas, penyimpanan data di cloud, dan pengembangan keterampilan,” rinci Joniarta di depan para siswa dan tenaga pendidik yang mengikuti diskusi online dengan dengan menggelar nonton bareng (nobar) dari sekolah masing-masing.

Sekolah yang menggelar acara nobar diskusi online itu, di antaranya SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6 Mengwi, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5 Abiansemal, SMPN 1, SMPN 2 Kuta, SMPN 1 Petang, SMPK 2 Harapan, SMPN 1 Kuta Selatan, SMP Nusa Dua, dan SMAN 1 Mengwi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)
pixels