5 Fakta Prodi Rekayasa Keselamatan Proses ITS, Pertama di Indonesia

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:03 WIB
loading...
5 Fakta Prodi Rekayasa Keselamatan Proses ITS, Pertama di Indonesia
Program Studi (prodi) Rekayasa Keselamatan Proses (RKP) telah dibuka ITS guna menyokong keselamatan pada dunia industri di Indonesia. Foto/ITS.
A A A
SURABAYA - Program Studi (prodi) Rekayasa Keselamatan Proses (RKP) telah dibuka oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Hal ini ditujukan guna menyokong keselamatan pada dunia industri di Indonesia.

Mendengar nama Rekayasa Keselamatan Proses (RKP), sebagian orang tentu masih merasa asing. Berbeda dengan prodi lain yang banyak tersebar, ITS menjadi kampus pertama yang membukanya di Tanah Air.

Baca juga: ITS Buka Prodi Safety Engineering Pertama di RI, UKT Mulai Rp7,5 juta

Nah, bagi Anda yang merasa penasaran dengan prodi Rekayasa Keselamatan Proses (RKP) di ITS, berikut ini sederet faktanya yang bisa diketahui. Simak ya!

Fakta Rekayasa Keselamatan Proses (RKP) ITS

1. Pertama di Indonesia


Pada perkembangannya, telah banyak muncul program studi (Prodi) baru di perguruan tinggi Indonesia. Adapun salah satunya adalah Rekayasa Keselamatan Proses (RKP) atau Safety Engineering.

Baca juga: Lulusan Teknik Mesin Bisa Kerja Apa? Segini Gajinya yang Menjanjikan hingga Dua Digit

Menariknya, prodi Rekayasa Keselamatan Proses (RKP) yang dibuka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini menjadi yang pertama di Indonesia. Artinya, sebelum ITS membukanya, belum dijumpai program serupa di kampus-kampus Tanah Air.

2. Masuk Departemen Teknik Mesin


Sementara ini, prodi Rekayasa Keselamatan Proses (RKP) ITS masih berada di bawah naungan Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS). Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Departemen Teknik Mesin ITS Surabaya Atok Setiawan saat hadir dalam kegiatan Sosialisasi Jalur Seleksi Mandiri ITS 2024, Rabu (29/5/2024).

Pada proses pembelajarannya, mahasiswa RKP tidak hanya mempelajari mata kuliah dari berbagai departemen di FTIRS. Mereka juga bakal diajarkan mengenai kemampuan manajerial.

Baca juga: Dilihat dari Faktor Kebutuhan, Ini 5 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Lolos CPNS 2024

Mengutip laman resmi ITS, mahasiswa RKP secara teknis akan belajar tentang kemampuan mengoperasikan perangkat lunak. Di antaranya untuk merancang, mengoperasikan, memodifikasi hingga melakukan pemeliharaan yang berfokus pada keselamatan.

Sementara dari aspek non teknis, mahasiswa akan dibekali kemampuan manajerial. Misal, sistem manajemen keselamatan yang mempelajari regulasi keselamatan skala nasional hingga internasional.

3. Punya Fasilitas Praktikum Memadai


Selain belajar pengetahuan berupa teori, mahasiswa RKP ITS juga akan mencoba untuk mempraktikan hasil belajarnya. Hal ini didukung dengan tersedianya fasilitas praktikum yang memadai dari pihak kampus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4554 seconds (0.1#10.140)
pixels