SMK Wiskar Kudus Punya 2 Jurusan Bidang Pelayaran, Peluang Kerjanya Menjanjikan

Selasa, 18 Juni 2024 - 11:59 WIB
loading...
SMK Wiskar Kudus Punya 2 Jurusan Bidang Pelayaran, Peluang Kerjanya Menjanjikan
SMK Wisudha Karya (Wiskar) Kudus memiliki dua jurusan bidang pelayaran yaitu Nautika Kapal Niaga dan Tehnika Kapal Niaga. Foto/SINDOnews.
A A A
KUDUS - SMK Wisudha Karya (Wiskar) Kudus memiliki dua jurusan bidang pelayaran . Peluang kerjanya tinggi bisa sampai ke perusahaan mancanegara.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Operasional Pendidikan SMK Wisudha Karya Kudus Bagus Pujo Cahyono mengatakan, SMK Wiskar Kudus didirikan sejak 1971 yang diinisasi oleh kerja sama industri dengan pemerintah kabupaten.

Baca juga: Mahasiswa IPDN-UMK Jalani KKN Tematik di Kudus, Mendata Kemiskinan dan Stunting

"Awal berdiri hanya ada teknik mesin dan teknik ketenagalistrikan. Kini sudah berkembang menjadi enam keahlian," katanya saat diskusi mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka, dikutip Selasa (18/6/2024).

6 program keahlian SMK Wiskar itu adalah Nautika Kapal Niaga, Teknika Kapal Niaga, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika, dan Teknik Otomotif.

Bagus menerangkan, untuk dua program keahlian pelayaran ini memakai pola ketarunaan untuk pendampingan dan pembimbingan siswanya.

Hal ini, ujar dia, mendapat apresiasi dari industri karena lulusan memiliki kedisiplinan tinggi yang dibutuhkan oleh industri kemaritiman.

SMK Wiskar memiliki dua jurusan bidang kemaritiman yaitu Teknika Kapal Niaga dan Nautika Kapal Niaga. Teknika Kapal Niaga sudah dilengkapi dengan Engine Room, Engine Control Room, Workshop dan Otomasi Room.

Baca juga: Cegah Perundungan, SMP 5 Kudus Buat Aplikasi SiAndung Esmaku

Dengan fasilitas tersebut siswa pun bisa dilatih untuk menghidupkan mesin kapal, mengoperasikan seluruh mesin penggerak kapal, melakukan perbaikan dan perawatan mesin kapal.

Setelah lulus SMK dan dilanjut dengan ujian praktek pra laut (prala), ujian praktek berlayar, dan ujan pasca prala akan mendapat ATT 4 untuk bekerja sebagai Cheif Engineer, First Engineer, Second Engineer maupun Third Engineer.

Lalu untuk Nautika Kapal Niaga memiliki fasilitas ruang full mision bridge simulator, ruang CBT, simulator, ruang pemetaan untuk menyiapkan perwira muda dalam bidang navigasi kapal niaga.
SMK Wiskar Kudus Punya 2 Jurusan Bidang Pelayaran, Peluang Kerjanya Menjanjikan

Siswa SMK Wiskar Kudus saat latihan marching band. Foto/SINDOnews.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2270 seconds (0.1#10.140)
pixels