Mahasiswa IPDN-UMK Jalani KKN Tematik di Kudus, Mendata Kemiskinan dan Stunting

Jum'at, 14 Juni 2024 - 12:53 WIB
loading...
Mahasiswa IPDN-UMK Jalani KKN Tematik di Kudus, Mendata Kemiskinan dan Stunting
Pelepasan 178 mahasiswa UMK yang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tahun 2024 di Pendopo Kabupaten Kudus. Foto/SINDOnews.
A A A
KUDUS - Ratusan mahasiswa IPDN dan UMK menjalani KKN Tematik di 38 desa di kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Mereka akan diterjunkan untuk mendata stunting dan angka kemiskinan.

Pj Bupati Kudus, M. Hasan Chabibie mengatakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik yang digagas Universitas Muria Kudus (UMK) kali ini memiliki kaitan erat dengan persoalan-persoalan yang tengah dihadapi pemerintah daerah.

Baca juga: Cegah Perundungan, SMP 5 Kudus Buat Aplikasi SiAndung Esmaku

Mulai dari data stunting, persoalan angka kemiskinan ekstrem, dan persoalan-persoalan desa lain yang diharapkan akan ada campur tangan mahasiswa UMK dalam memecahkan masalah tersebut.

Dia mengatakan, stunting, kemiskinan, juga pengangguran itu telah menjadi isu nasional yang laju penurunan dan kenaikkannya itu dipantau oleh pemerintah pusat.

Adanya KKN Tematik yang langsung menerjunkan mahasiswa ini, ujarnya, diharapkan bisa memberikan data yang lebih presisi daripada data sampling dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga: Terapkan Kurikulum Merdeka, Anak Usia Dini Dikenali dengan Kuliner Khas Kudus

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Kudus tersebut mengungkapkan, pihaknya maupun Rektor UMK dalam hal ini hanya bisa bercerita tentang tentang masa lalu, mengingat usia mereka yang tidak lagi produktif.

“Akan tetapi adek-adek di sini semua masih muda, masih dalam usia produktif, oleh sebab itu, adek-adek semua bisa menawarkan masa depan yang lebih baik lagi. Maka manfaatkanlah kesempatan masa muda ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Sementara Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono berharap, dengan pelepasan mahasiswa ini akan memeberi warna yang semakin kaya, terutama dalam pendidikan luar kampus. Rektor juga berpesan agar menjadikan pengalaman selama KKN untuk lebih membuka fikiran dan wawasan guna menyerap pembelajaran, khususnya dari luar kampus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)
pixels