7 Jurusan Teknik Paling Dicari di Dunia Kerja, Belum Lulus Sudah Dibooking?

Rabu, 19 Juni 2024 - 11:20 WIB
loading...
7 Jurusan Teknik Paling...
Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan teknik yang lulusannya disebut-sebut sudah ditunggu banyak perusahaan nasional maupun multinasional meski mahasiswanya belum lulus. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 7 jurusan teknik yang lulusannya paling banyak dicari di dunia kerja . Jurusan kuliah Teknik tahun ke tahun selalu menjadi primadona dan banyak peminat dalam setiap penerimaan mahasiswa baru.

Salah satu faktor kenapa jurusan teknik banyak menjadi pilihan calon mahasiswa adalah masa depan lulusannya yang cukup prospektif. Banyak perusahaan disebut-sebut rela antre untuk menampung lulusan teknik.

Bahkan beberapa jurusan kuliah teknik ini lulusannya disebut sudah ‘dipesan’ banyak perusahaan baik nasional maupun multinasional. Mengutip akun Instagram @siaputbk.id, artikel kali ini akan membahas 7 jurusan teknik yang alumninya banyak dicari dunia kerja, simak ya!

7 Jurusan Teknik Paling Dicari di Dunia Kerja


1. Teknik Sipil


Lulusan dari jurusan Teknik Sipil banyak dicari di dunia kerja, karena proses infrastruktur di Indonesia yang semakin berkembang pesat. Job desk lulusan jurusan ini bisa untuk merancang dan mensupervisi pembangunan infrastruktur seperti bangunan, jalanan, terowongan, jembatan, bendungan, bandara, penyimpanan air dan sistem pembuangan kotoran.

2. Teknik Mesin


Jangan salah, meski jurusan Teknik Mesin banyak yang beranggapan menjadi montir di Bengkel, ternyata jurusan kuliah ini memiliki prospek kerja cemerlang. Hampir seluruh perusahaan baik bidang Industri maupun lainnya sangat membutuh lulusan Teknik Mesin.

Jika berkuliah di jurusan ini, kamu akan belajar berbagai hal seperti konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin-mesin konversi energi seperti motor bakar, sistem termal, mesin fluida seperti mesin fluida, dll.

3. Teknik Industri


Jurusan kuliah Teknik paling dicari di dunia kerja berikutnya adalah Teknik Industri. Di mana jurusan ini menggabungkan bidang ilmu teknik dengan ilmu manajemen.

Bagi kamu anak IPA yang senang berbisnis atau yang punya mimpi besar untuk memimpin sebuah perusahaan, sangat cocok untuk mengambil Teknik Industri.


4. Teknik Elektro


Jurusan kuliah Teknik yang paling dicari di dunia kerja bahkan sebelum lulus adalah Teknik Elektro. Job desk pekerjaan lulusan Teknik Elektro dapat bekerja di berbagai bidang industri, seperti teknisi komunikasi, teknisi sonar dan radar, spesialis sistem jaringan hingga ahli robotik.

5. Teknik Nuklir


Jurusan kuliah teknik yang paling dicari di dunia kerja selanjutnya yaitu Teknik Nuklir. Jurusan kuliah ini kerap dicari di berbagai perusahaan maupun instansi Pemerintah, dan ternyata masuk jurusan kuliah langka di Indonesia. Sebab, Teknik Nuklir hanya ada di beberapa kampus Indonesia dan tidak tersebar luas di seluruh Perguruan Tinggi.

6. Teknik Perminyakan


Jurusan kuliah Teknik yang paling dicari di dunia kerja selanjutnya yaitu Teknik Perminyakan. Jurusan ini akan mempelajari tentang ilmu eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam. Salah satu kampus yang terkenal dengan Teknik Perminyakan adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

7. Teknik Lingkungan


Jurusan kuliah Teknik yang paling dicari di dunia kerja bahkan sebelum lulus adalah Teknik Lingkungan. Prospek kerja lulusannya bisa menjadi Konsultan Lingkungan, Perencana Restorasi Lingkungan, Ahli Konservasi Air dan Tanah, dan lain-lain.

Prospek kerja lulusannya bisa menjadi Konsultan Lingkungan, Perencana Restorasi Lingkungan, Ahli Konservasi Air dan Tanah, dan lain-lain.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4168 seconds (0.1#10.140)