6 Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan, Bisa Dijadikan Referensi dalam Pemilihan Prodi

Selasa, 25 Juni 2024 - 08:29 WIB
loading...
6 Jurusan Teknik yang...
Jurusan Teknik yang cocok untuk perempuan ini bisa dijadikan referensi jurusan kuliah. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknik yang cocok untuk perempuan ini bisa dijadikan referensi jurusan kuliah . Mengingat saat ini lulusan jurusan teknik memang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Namun jurusan teknik ini cenderung lekat dengan kaum lelaki, karena identik dengan pekerjaan dan praktik berat dan membutuhkan banyak tenaga, seperti di jurusan teknik mesin, dan otomotif. Sehingga jurusan tersebut jarang diminati oleh wanita.

Baca juga: 5 Lulusan Jurusan Teknik yang Diperkirakan Punya Gaji Besar di Dunia Kerja, Apa Saja?

Meski begitu, ada beberapa jurusan teknik yang cocok untuk perempuan. Dalam beberapa prodi ini tidak membutuhkan banyak tenaga dan lebih mengutamakan keterampilan teknis.

6 Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan

1. Jurusan Teknik Sipil


Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, perancangan, manufaktur, hingga konservasi guna mendukung terbentuknya suatu wilayah.

Sehingga jurusan ini banyak mempelajari teknik pembangunan gedung, pelabuhan, bandara, jalan, bendungan bahkan pengolahan limbah, maka prospek kerjanya pun sangat terbuka lebar mengingat besarnya aktivitas pembangunan infrastruktur belakangan ini.

2. Jurusan Teknik Kimia


Teknik Kimia merupakan program studi yang mempelajari teknologi perancangan pabrik. Pabrik yang dirancang dapat berupa pabrik kimia, bioproses, makanan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 3 Alasan Jurusan Teknik Banyak Diminati Lulusan SMA/SMK, Peluang Kerja Lebih Luas?

Teknik Kimia bisa mengambil prospek profesi kerja di berbagai bidang industri kimia seperti, industri hulu & hilir perminyakan & gas alam, industri EPC (engineering, procurement & construction) sebagai quantity surveyor, site engineer, design engineer.

3. Jurusan Teknik Informatika


Karena saat ini jurusan teknik informatika jadi yang paling dibutuhkan oleh sejumlah perusahaan, mulai banyak wanita yang memilih prodi ini sebagai tujuannya. Bahkan di sejumlah universitas, jumlah wanita di jurusan ini lebih banyak ketimbang lelaki.

Baca juga: 5 Jurusan Teknik Langka di Indonesia, Tertarik Masuk?

Teknik Informatika merupakan bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika.

4. Teknik Pertanian


Teknik Pertanian merupakan bagian dari ilmu pertanian yang fokus pada penggunaan teknologi dan manajemen dalam proses produksi massa hayati serta penanganan dan pengolahannya.

Baca juga: Bisa Apa Lulusan Teknik Energi Terbarukan? Ini 10 Prospek Kerja Menantang Alumninya

Hal ini dilakukan agar kebutuhan manusia terpenuhi dengan tetap memperhatikan aspek keberlanjutan sumber daya dan kelestarian lingkungan. Lulusan jurusan ini nantinya diharapkan dapat menemukan berbagai inovasi baru untuk memajukan pertanian.

5. Teknik Industri


Jurusan ini adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti, produksi, pengelolaan dan ekonomi. Lulusan Teknik Industri nantinya bertanggungjawab atas optimalisasi praktis dari sistem produksi pabrik, proposal strategi, serta desain optimal manajemen perusahaan.

Karena penerapannya yang tidak terlalu teknis dan prakteknya yang tidak terlalu menghabiskan tenaga, membuat jurusan ini banyak digemari oleh wanita.

6. Teknik Biomedik


Teknik biomedis atau biomedical engineering adalah bidang ilmu yang berfokus pada perancangan dan pengembangan alat-alat teknologi medis. Ini adalah perpaduan antara ilmu kedokteran dan teknik.

Lulusan jurusan ini nantinya dapat bekerja di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan.

Sekian 6 jurusan teknik yang cocok untuk dipilih perempuan. Semoga informasi ini bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3423 seconds (0.1#10.140)