Dosen UPN Veteran Jakarta Gelar Gerakan Kesadaran Literasi Digital Sekolah

Jum'at, 28 Juni 2024 - 21:55 WIB
loading...
Dosen UPN Veteran Jakarta Gelar Gerakan Kesadaran Literasi Digital Sekolah
Dosen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menggalang gerakan kesadaran literasi digital sekolah. Foto/Ist
A A A
DEPOK - Dosen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menggalang gerakan kesadaran literasi digital sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Tunas Media, Sawangan, Depok, Jawa Barat, selama dua hari pada 25 dan 26 Juni 2024.

Kolaborasi dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum (FH) UPNVJ dikemas dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema "Kesadaran Literasi Digital Bagi Remaja". Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada remaja mengenai literasi digital di era teknologi saat ini.

Dosen S2 Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ, Dr Fitria Ayuningtyas, pada hari pertama memberikan materi "Gerakan Cakap Digital", yang menyoroti urgensi membangun kesadaran dan keterampilan literasi digital di kalangan remaja, terutama bagi generasi Z. Materi yang disampaikan meliputi Pentingnya Literasi Digital, Kompetensi Digital, Etika Digital, dan Gerakan Cakap Digital bagi generasi Z.



Sesi berikutnya dosen S1 Hubungan Internasional FISIP UPNVJ, Nurfarah Nidatya, S.HI, MAIR, menyampaikan materi bertema "Keamanan dalam Teknologi Digital". Nurfarah menjelaskan berbagai ancaman dan tantangan dalam penggunaan teknologi digital serta strategi untuk menjaga keamanan pribadi dan data digital.

Kemudian dosen Fakultas Hukum UPNVJ Dr. Muthia Sakti, S.H., M.H. membahas materi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) untuk memberikan pemahaman isi dan tujuan undang-undang tersebut. Muthia juga mengulas topik Perlindungan Data Pribadi, terkait peraturan pemrosesan data pribadi dan persyaratan yang diatur dalam hukum.

Selama kegiatan berlangsung, siswa-siswi sangat aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan menunjukkan antusiasme terhadap materi yang disampaikan. Kepala SMK Tunas Media Roni Madropi, S.Pd., M.Si., mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan ini dan berharap bermanfaat bagi siswa-siswi memberikan kontribusi positif.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6016 seconds (0.1#10.140)
pixels