Sempat Menunda Kuliah? Ini 5 PTS Buka Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Gap Year

Sabtu, 29 Juni 2024 - 07:52 WIB
loading...
Sempat Menunda Kuliah? Ini 5 PTS Buka Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Gap Year
Universitas Ciputra menjadi salah satu kampus swasta di Indonesia yang menyediaan beasiswa untuk calon mahasiswa gap year. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 PTS yang buka beasiswa untuk mahasiswa gap year. Pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tahun ini tak cuma dilakukan oleh lulusan SMA/sederajat tahun 2024.Namun, juga dilakukan oleh calon mahasiswa gap year. Calon mahasiswa gap year adalah mereka yang menunda kuliah selama beberapa tahun setelah lulus SMA/sederajat. Artikel kali ini akan membahas daftar 5 PTS yang buka beasiswa buat siswa gap year, simak ya!

PTS yang Buka Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Gap Year


1. Universitas Ciputra


Universitas Ciputra menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa lulusan SMA/SMK maksimal dua tahun yang lalu (2022). Beasiswa ini berlaku untuk semua prodi yang ada di Universitas Ciputra kecuali kedokteran.

Untuk mendaftar beasiswa ini, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:

• Alumni SMA/SMK lulusan 2023 dan maksimal lulusan 2022

• Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) jika tidak mengikuti UTBK 2022-2024. Namun, jika mempunyai nilai UTBK di tahun 2023
dan 2024 tak perlu mengikuti TPA

• Beasiswa tidak berlaku jika nilai rapor atau TPA tidak memenuhi kategori minimal.

• Adapun nilai rapor yang digunakan yakni rata-rata nilai pengetahuan kelas 11 semester 2.

• Jika nilai rata-rata rapor kelas 11 semester 2 adalah 84-100 dan nilai TPA minimal 70, maka beasiswa yang didapat sebesar 75% DPP (Dana Pengembangan Pendidikan)

• Jika nilai rata-rata rapor kelas 11 semester 2 adalah 80-83 dan nilai TPA minimal 65, maka beasiswa yang didapat sebesar 50% DPP

• Jika nilai rata-rata rapor kelas 11 semester 2 adalah 76-79 dan nilai TPA minimal 60, maka beasiswa yang didapat sebesar 25% DPP

Baca juga:Mengenal 6 Universitas Swasta yang Menyediakan Beasiswa

2. Institut Teknologi Indonesia (ITI)


ITI membuka jalur seleksi bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2024 dan 2023. Bagi yang memiliki nilai UTBK, maka bisa berkesempatan mendapat beasiswa dari ITI.

Beasiswa yang akan diperoleh berupa potongan uang pangkal. Semakin besar nilai UTBK calon mahasiswa, maka potongan uang pangkal semakin besar juga. Jika berminat, maka bisa mendaftar di pmb.iti.ac.id.

3. Ma'soem University


Ma'soem University mempunyai beasiswa bagi calon mahasiswa yang gap year selama satu tahun atau lulusan tahun 2023. Namun, syaratnya adalah mempunyai nilai UTBK minimal 450.

Beasiswa yang disediakan berupa 40% biaya pendidikan. Pendaftaran beasiswa ini masih dibuka hingga 31 Juli 2024 di laman pmb.masoemuniversity.ac.id.

4. Universitas Multi Data


Universitas Multi Data atau MDP menawarkan beasiswa berupa potongan uang bangungan hingga 20%. Beasiswa ini juga berlaku bagi calon mahasiswa yang gap year satu tahun yang lalu (lulusan 2023).

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapat beasiswa ini salah satunya adalah mempunyai skor UTBK. Jika berminat, detikers bisa mendaftar di https://daftar.mdp.ac.id/register/jalur/utbk.

5. President University


President University adalah salah satu PTS yang menawarkan kuliah S1 singkat selama 3 tahun. Selain itu, kampus ini juga memiliki beasiswa bagi calon mahasiswa gap year tahun 2022 dan 2023.

Syarat untuk mendaftar beasiswa ini antara lain:

• WNI berbadan sehat, bebas dari narkoba.

• Lulusan SMA atau sederajat tahun 2023, atau maksimal 2 tahun sebelum tahun akademik perkuliahan dimulai.

• Nilai mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris di rapor minimal 80 pada kelas 10 dan 11 semester 1 – 4

• Mempunyai sertifikat nilai hasil UTBK
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)
pixels