Pusat Data Nasional Jebol, KIP Kuliah 16.316 Mahasiswa Belum Cair

Minggu, 30 Juni 2024 - 15:54 WIB
loading...
Pusat Data Nasional Jebol, KIP Kuliah 16.316 Mahasiswa Belum Cair
Layanan KIP Kuliah sampai saat ini masih terganggu. Imbasnya ada 16.316 mahasiswa yang dana KIP Kuliahnya belum cair sampai saat ini. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Layanan KIP Kuliah sampai saat ini masih terganggu karena ransomware Pusat Data Nasional (PDN). Imbasnya ada 16.316 mahasiswa yang dana KIP Kuliahnya belum cair.

Situs Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sampai saat ini masih belum dapat diakses. Pengumuman yang dimuat di situs tersebut menginformasikan bahwa saat ini pemulihan sistem KIP Kuliah sedang dilakukan menggunakan cadangan data di pusat data Kemendikbudristek.

Baca juga: Situs KIP Kuliah Down Bikin Netizen Menjerit, Mahasiswa Diminta Lakukan Ini

Proses pemindahan, pemulihan, dan rekonfigurasi interkoneksi sistem KIP Kuliah dengan sistem lain di pemerintah membutuhkan waktu. Sistem KIP Kuliah akan kembali normal pada 29 Juli 2024.

Namun masalahnya gangguan di situs ini membuat pencairan KIP Kuliah untuk mahasiswa penerima terganggu.

Baca juga: Hacker Serang PDN, Pakar ITS Ungkap Ancaman Selanjutnya bagi Masyarakat Luas

Kemendikbudristek melalui Surat Edaran Sesjen Kemendikbduriste Suharti menyampaikan, pada saat gangguan sistem KIP Kuliah mulai terjadi, masih ada 16.316 mahasiswa penerima KIP Kuliah ongoing yang belum diajukan pencairannya oleh perguruan tinggi atau sedang dalam proses pencairan.

Meski saat ini masih ada gangguan, namun Kemendikbudristek menjanhjikan semua proses pencairan KIP Kuliah untuk mahasiswa penerima semester genap 2023/2024 akan selesai sesuai jadwal pada Agustus 2024 tanpa ada keterlambatan.

Baca juga: 239 Data Instansi Pemerintah Terdampak Serangan Ransomware

Kemendikbudristek menyatakan, selama masa pemulihan sistem KIP Kuliah ini maka proses secara manual yang akan dilakukan untuk pengajuan dan pencairan KIP Kuliah bagi mahasiswa penerima ongoing.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)
pixels