Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Sampai Punya Gelar dr? Jalan Panjang Menjadi Dokter

Kamis, 04 Juli 2024 - 15:25 WIB
loading...
Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Sampai Punya Gelar dr? Jalan Panjang Menjadi Dokter
Berapa lama kuliah kedokteran sampai menyandang gelar dr (dokter) perlu diketahui calon mahasiswa. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Berapa lama kuliah kedokteran sampai menyandang gelar dr ( dokter ) perlu diketahui calon mahasiswa. Bahkan ternyata meski sudah menyandang gelar dokter masih ada program internship yang mesti dijalani.

Jurusan kedokteran selalu menjadi salah satu pilihan utama bagi calon mahasiswa baru di Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan siswa berlomba-lomba untuk bisa masuk ke fakultas kedokteran di berbagai universitas ternama. Fenomena ini tidak lepas dari beberapa alasan yang mendasarinya.

Baca juga: 5 Kampus Jurusan Kedokteran Jalur Mandiri dengan UKT di Bawah Rp20 Juta

Menjadi seorang dokter masih dianggap sebagai profesi yang bergengsi dan dihormati di masyarakat. Gelar dokter membawa status sosial yang tinggi dan sering kali diiringi dengan rasa bangga baik bagi individu maupun keluarganya. Banyak orang tua yang mendorong anak-anak mereka untuk mengambil jurusan kedokteran karena dianggap sebagai simbol kesuksesan.

Baca juga: Tertarik Daftar Fakultas Kedokteran Unesa di Jalur Mandiri? Ini 4 Jurusan yang Tersedia

Lulusan kedokteran memiliki peluang kerja yang sangat luas. Tidak hanya bekerja di rumah sakit atau klinik, mereka juga bisa berkarier di bidang riset, pengajaran, organisasi kesehatan internasional, hingga membuka praktik pribadi. Kebutuhan akan tenaga medis yang terus meningkat, terutama di masa pandemi, semakin memperkuat prospek karier bagi lulusan kedokteran.

Baca juga: Berusia 22 Tahun, Areta Jadi Wisudawan Termuda S1 Kedokteran UGM

Adanya gaji yang menjanjikan, kesempatan membantu sesama, perkembangan teknologi dan jaminan masa depan menjadi kombinasi menarik mengapa jurusan kedokteran menjadi favorit.

Lama Kuliah Kedokteran Sampai Punya Gelar dr


Namun di balik itu semua, ada jalan panjang yang harus dilewati mahasiswa kedokteran sampai resmi menyandang gelar dokter atau dr.

Jenjang Sarjana


Dikutip dari laman Universitas Kristen Maranatha, program pendidikan dokter di Indonesia terbagi atas dua tahap, pertama jenjang sarjana dan kedua pendidikan profesi.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2024 di UGM, Unpad, Unair, Undip, dan UNS, Mana yang Termahal?

Untuk jenjang sarjana, mahasiswa kedokteran sama halnya mahasiswa pada umumnya harus menempuh pendidikan selama 3,5 hingga 4 tahun. Beban studi sebanyak 146 satuan kredit masuk dalam tujuh semester. Lulus kuliah S1, gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked) akan disematkan.

Pendidikan Profesi


Untuk pendidikan profesi dokter, mahasiswa kedokteran bisa menempuhnya dalam waktu 1,5 hingga 2 tahun. Pendidikannya selama tiga semester dengan beban studi sebanyak 37 satuan kredit.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5429 seconds (0.1#10.140)
pixels