SMK Ini Jadi Sekolah dengan Spesialisasi Cat Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara

Kamis, 04 Juli 2024 - 17:44 WIB
loading...
SMK Ini Jadi Sekolah dengan Spesialisasi Cat Pertama di Indonesia dan Asia Tenggara
SMK Mitra Industri MM2100 menjadi sekolah yang memiliki spesialisasi cat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan jurusan Teknik Kimia Industri (Paint Technology). Foto/Istimewa.
A A A
BEKASI - SMK Mitra Industri MM2100 menjadi sekolah yang memiliki spesialisasi cat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan jurusan Teknik Kimia Industri (Paint Technology). Fokusnya pada Paint Applicator dan Lab Technician, pengkhususan ini hadir menunjang pembelajaran mengenai cat di jenjang SMK.

APCI bersama beberapa perusahaan industri cat berhasil mewujudkan sekolah industri cat pertama yang telah memiliki SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) Nomor 171 Tahun 2020.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jurusan Konstruksi SMK, dari yang Ada di Jakarta hingga Pekanbaru

Spesialisasi Paint Technology dalam jurusan Teknik Kimia Industri ini ini diprakarsai langsung oleh Asosiasi Produsen Cat Indonesia (APCI) dengan kurikulum yang disusun oleh pakar cat, bahkan tenaga pengajar pun disupport dari industri cat.

Kris Adidarma selaku CEO PT Propan Raya sekaligus Ketua APCI menjelaskan, berdirinya jurusan Teknik Kimia Industri di SMK Mitra Industri MM2100 merupakan inisiatif dari APCI yang ingin menyalurkan sumber daya manusia di bidang pengecatan yang sejalan dengan kebutuhan industri.

Hingga akhirnya, ujar Kris, pada 2024 pembangunan dapat terealisasi dengan baik dengan adanya kolaborasi semua pakar profesional dan expertnya yang terjun langsung ke lapangan. Kerja sama ini juga sebagai bentuk sustainable partnership antara, industry cat, vokasi, dan asosiasi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para founding members yang berperan aktif dalam pembangunan SMK ini diantara lain, PT Jotun Indonesia, PT Kansai Paint Indonesia, PT Propan Raya ICC, dan Mataram Paint,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: SMK Wiskar Kudus Punya 2 Jurusan Bidang Pelayaran, Peluang Kerjanya Menjanjikan

Di jenjang pertama SMK, siswa akan dibekali pengetahuan mengenai Teknologi Pengecatan Dasar (Paint Technology). Di jenjang kedua SMK Teknologi Pengecatan (Paint Technology) dan Paint Manufacturing Process (Proses formulasi cat).

Rancangan pendidikan mencakup tujuan, materi, metode, dan evaluasi yang akan diterapkan dalam pembelajaran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)
pixels