7 Rekomendasi Jurusan Konstruksi SMK, dari yang Ada di Jakarta hingga Pekanbaru

Kamis, 04 Juli 2024 - 11:09 WIB
loading...
7 Rekomendasi Jurusan Konstruksi SMK, dari yang Ada di Jakarta hingga Pekanbaru
Jurusan Konstruksi SMK jadi salah satu jurusan yang diincar karena menawarkan prospek kerja menjanjikan. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Konstruksi SMK jadi salah satu jurusan yang diincar karena menawarkan prospek kerja menjanjikan. Konstruksi pada dasarnya merupakan kegiatan yang berhubungan erat dengan bangunan.

Konstruksi dan perumahan merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan perumahan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan konstruksi.

Baca juga: SMK Wiskar Kudus Punya 2 Jurusan Bidang Pelayaran, Peluang Kerjanya Menjanjikan

Dilansir dari laman Vokasi Kemendikbudristek, beberapa materi yang dipelajari dalam jurusan konstruksi antara lain, informatika, dasar-dasar teknik konstruksi dan perumahan,konsentrasi keahlian, hingga menggambar dengan AutoCAD.

Baca juga: 10 Jurusan SMK Jadi Incaran Perusahaan Besar dan Bergaji Tinggi, Masa Depan Jelas

Saat ini telah banyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menyediakan jurusan Konstruksi, berikut ini tujuh di antaranya yang dapat dijadikan rekomendasi.

7 Rekomendasi Jurusan Konstruksi SMK

1. SMK 4 Jakarta


SMK yang terletak di Jalan Rorotan, Kec. Cilincing, Jakarta Utara, ini menyediakan jurusan teknik konstruksi dan perumahan untuk siswanya. Dalam laman resminya, ada beberapa prospek kerja untuk lulusan jurusan ini, diantaranya :

Baca juga: 8 SMK Terbaik di DKI Jakarta Berdasarkan Nilai UTBK Versi LTMPT, Acuan Daftar 2024

- Pelaksanaan , Pengawasan dan Perawatan Pekerjaan Konstruksi Gedung
- Pekerjaan Utilitas Bangunan Gedung dan Perawatannya
- Estimasi Biaya Pekerjaan Perawatan Gedung dan Utilitas.

2. SMK Negeri 1 Jenangan


Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan (TKP) merupakan salah satu Program Keahlian UNGGULAN di SMK Negeri 1 Jenangan. Lokasinya berada di Jalan Niken Gandini, Setono, Kec. Jenangan, Ponorogo, Jawa Timur.

3. SMK Negeri 5 Surakarta


SMK ini berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Kerten, Laweyan, Surakarta.

Baca juga: Bingung Pilih Sekolah Unggulan? Ini 10 SMK Terbaik di Indonesia Versi LTMPT

Selain menyediakan jurusan konstruksi, SMK ini juga menyediakan beberapa jurusan unggulan lain seperti, Teknik Mesin, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Ketenagalistrikan, hingga Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG).

4. SMK Negeri 3 Surabaya


SMK Negeri 3 Surabaya menyediakan jurusan Teknik Konstruksi dan Properti (TKP), yang mempelajari bagaimana membuat sebuah bangunan mulai dari persiapan, proses pembuatan, finishing, pemeliharaan, sampai dengan penghitungan biaya secara rinci. Lokasinya berada di Jalan Jend. A.Yani, Gayungan, Kota Surabaya.

5. SMK Negeri 1 Kota Kediri


Jurusan Konstruksi dan Perumahan SMK Kota Kediri mempelajari ilmu tentang konstruksi bangunan dan furniture perkayuan, pengukuran tanah, rancangan anggaran biaya (RAB) konstruksi bangunan, laporan pelaksanaan konstruksi bangunan, perencanaan bisnis konstruksi dan properti, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi, dll. Lokasinya berada di Veteran, Mojoroto, Kota Kediri.

6. SMK Negeri 3 Yogyakarta


Konsentrasi keahlian yang diterapkan dalam jurusan konstruksi SMK N 3 Yogyakarta ini mengajarkan konsentrasi keahlian KP meliputi proses bisnis konstruksi, pengembangan teknologi, dasar menggambar teknik, K3LH, dasar perhitungan struktur, pengenalan bangunan hijau, ukuran tanah, building information modelling, dan lainnya.

7. SMK Negeri 4 Pekanbaru


SMK yang terakhir ini berlokasi di Jalan Purwodadi Panam, Sidomulyo Barat, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Ini jadi SMK satu-satunya di Pekanbaru yang menyediakan jurusan teknik konstruksi, peserta didik akan dibekali dengan ilmu bisnis konstruksi kayu dan properti.

Itulah tujuh rekomendasi jurusan teknik konstruksi di SMK . Sejumlah rekomendasi ini bisa dijadikan pijakan belajar bagi yang tertarik.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7322 seconds (0.1#10.140)
pixels