9 Jurusan IPS Minim Peminat Namun Punya Prospek Kerja Tinggi nan Menjanjikan

Jum'at, 05 Juli 2024 - 09:32 WIB
loading...
9 Jurusan IPS Minim Peminat Namun Punya Prospek Kerja Tinggi nan Menjanjikan
Ini deretan 9 jurusan IPS yang sepi peminat padahal di balik itu ada prospek kerja tinggi dan juga menjanjikan. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Ini deretan 9 jurusan IPS yang sepi peminat padahal di balik itu ada prospek kerja tinggi dan juga menjanjikan. Jurusan kuliah ini tersebar di sejumlah universitas negeri terbaik.

Jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) memiliki berbagai macam program studi. Beberapa di antaranya memang dianggap memiliki peluang kerja yang lebih kecil atau kurang diminati oleh sebagian orang. Namun, penting untuk diingat bahwa prospek kerja sangat tergantung pada berbagai faktor, termasuk minat dan kemampuan pribadi, kualitas pendidikan, dan kebutuhan pasar kerja di waktu tertentu.

Baca juga: 7 Jurusan Teknik yang Dibutuhkan di Masa Depan, Prodi Idamanmu Nomor Berapa?

Bagi anak sekolah yang menyukai pelajaran IPS sebagian besar ingin melanjutkan kuliah ke jurusan kuliah IPS. Namun jurusan IPS atau di kampus dikenal dengan jurusan soshum (sosial humaniora) banyak yang favorit sehingga menjadi buruan calon mahasiswa baru.

Baca juga: 6 Jurusan yang Dibutuhkan Kemenkumham di Seleksi CPNS 2024 untuk Jabatan Fungsional, Ini Bocorannya

Misalnya saja di UGM lima prodi keketatan tertinggi adalah prodi Ilmu Komunikasi 1,49 persen, Ilmu Hubungan Internasional 1,62 persen, Psikologi 1,69 persen, Manajemen 1,73 persen dan Akuntansi 1,94 persen.

Jurusan kuliah yang jarang diminati umumnya disebabkan karena prospek kerjanya yang kurang jelas atau nama program studi yang masih asing.

Baca juga: Kenali 11 Jurusan Kuliah yang Paling Diincar BUMN PT Persero Meskipun memiliki nama yang kurang tenar, beberapa jurusan kuliah ini justru menghadirkan prospek yang bagus bagi para lulusannya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 9 jurusan kuliah IPS yang jarang diminati namun punya prospek bagus.

9 Jurusan IPS Minim Peminat dengan Prospek Kerja Tinggi

1. Ilmu Perpustakaan


Jurusan ini mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengkomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital.

Baca juga: 7 Jurusan Langka di PTN dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Pilih di SNPMB 2024
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)
pixels