Ombudsman: Sistem Zonasi Kurangi Favoritisme Sekolah

Jum'at, 05 Juli 2024 - 14:47 WIB
loading...
Ombudsman: Sistem Zonasi Kurangi Favoritisme Sekolah
Anggota Ombudsman RI Indraza Marzuki Rais menilai perlunya penggunaan sistem zonasi dalam pemilihan sekolah. Hal ini guna mengurangi favoritisme sekolah. Foto/widya m
A A A
JAKARTA - Anggota Ombudsman RI Indraza Marzuki Rais mengungkapkan perlunya penggunaan sistem zonasi dalam pemilihan sekolah. Hal ini guna mengurangi favoritisme sekolah.

"Sejarahnya kenapa dibuat zona sebenarnya mengurangi favoritisme satu sekolah. Kalau kita lihat zaman dulu ujian dengan NEM maka akan berkumpul lah anak-anak yang nilai-nilainya bagus satu sekolah sehingga mereka menjadi sekolah favorit,"kata Indraza di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Jumat (5/7/2024).

"Lalu nanti ada pilihan satu pilihan d waua tiga akhirnya berkumpulan nilai-nilai yang paling rendah rendah ke satu sekolah lagi yang sisa-sisa itulah menunjukkan salah satu favoritisme,"sambungnya.


Lebih lanjut, zonasi kata Indraza, untuk memberikan pemerataan standar dan kualitas yang sama kepada semua siswa. "Mereka mendapatkan kualitas sama jadi nanti sekolah ini akan kalau dulu tidak homogen anak pintar semua di sini anak kurang pintar nanti sekolahnya di sini sekolahnya sekarang jadi rata,"katanya.

Terakhir tinggal mengubah stigma masyarakat terkait sekolah favorit tersebut secara perlahan-lahan. Dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada semua anak di Indonesia.

"Semua anak berhak mendapatkan pendidikan. Menurut ombudsman zona-zona ini tetap dijalankan tapi dengan implementasi yang benar,"tuturnya
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2496 seconds (0.1#10.140)
pixels