10 Universitas dengan Jurusan HI Terbaik 2024 Versi EduRank, Ini Prospek Menarik Lulusannya

Senin, 08 Juli 2024 - 10:42 WIB
loading...
10 Universitas dengan...
Jurusan Hubungan Internasional (HI) saat ini kian diminati bagi banyak mahasiswa di Indonesia karena prospek lulusannya yang menjanjikan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 universitas dengan jurusan HI terbaik 2024 menurut peringkat EduRank yang bisa dijadikan acuan calon mahasiswa. Jurusan Hubungan Internasional (HI) saat ini kian diminati bagi banyak mahasiswa di Indonesia.

Mereka yang memilih jurusan ini biasanya tertarik pada studi politik, ekonomi, dan diplomasi global. Universitas mana yang membuka jurusan HI berkualitas? Melansir data pemeringkatan EduRank, artikel kali ini akan menjawabnya, simak ya!

10 Universitas dengan Jurusan HI Terbaik 2024 Versi EduRank


1. Universitas Indonesia (UI)


Peringkat 35 di Asia

Peringkat 393 di dunia

Menurut situs Universitas Indonesia, jurusan Ilmu HI FISIP UI bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis berbagai fenomena hubungan internasional. Selain itu, lulusannya juga diharapkan bisa berperans ecara aktif dalam berbagai bidang profesi yang relevan di bidang ini

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Peringkat 41 di Asia

Peringkat 435 di Dunia

Menurut laman Universitas Padjajaran, saat ini, program studi HI FISIP Unpad mempunyai 3 kelompok bidang kaji utama (SBK), yaitu SBK Teori dan Metodologi Hubungan Internasional, SBK Ekonomi Politik Global, dan SBK Hukum dan Organisasi Internasional.

3. Universitas Airlangga (Unair)


Peringkat 51 d Asia

Peringkat 474 di Dunia

Universitas Airlangga di Surabaya menduduki peringkat ketiga. Program studi S1 di Unair dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pendekatan yang komprehensif dan berorientasi pada persaingan global.

4. Universitas Diponegoro (Undip)


Peringkat 55 di Asia

Peringkat 492 di Dunia

Kurikulum pembelajaran program studi S1 yang berkonsentrasi pada kerja sama internasional menangani kejahatan transnasional dan internasional. Di Indonesia sendiri, berdasarkan Universitas terbaik, Universitas Diponegoro meraih peringkat kelima.

5. Universitas Bina Nusantara (Binus University)


Peringkat 69 di Asia

Peringkat 558 di Dunia

Departemen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara (Binus) baru didirikan pada tahun 2012. Meski begitu, jurusan ini mendapatkan akreditasi A pada tahun 2018.

Menurut laman Binus, tak hanya menawarkan keilmuan HI, mahasiswa juga dilatih menjadi seorang pemimpin, organisatoris, hingga entrepreneur. Kurikulum HI ini memang menawarkan program Entrepreneurship, dimana mahasiswa diajarkan tahap-tahap membangun startup dan seringkali dikaitkan dengan digitalisasi.


6. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)


Peringkat ke 80 di Asia

Peringkat ke 608 di Dunia

Ilmu HI menjadi salah satu jurusan pertama di di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Memiliki predikat akreditasi Unggul, jurusan ini berupaya menciptakan lulusan yang relevan dengan kebutuhan external stakeholders. Ilmu HI UMY juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari dalam negeri maupun luar negeri.

7. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Peringkat ke 95 di Asia

Peringkat ke 670 di Dunia

Departemen Ilmu HI Universitas Gadjah Mada sudah berdiri cukup lama, yaitu pada tahun 1957. Menurut laman UGM, ilmu HI UGM menjadi institusi tertua yang mengajarkan Hubungan Internasional di Indonesia.

8. President University


Peringkat ke 101 di Asia

Peringkat ke 691 di Dunia

Program studi Hubungan Internasional di President University berada di bawah Fakultas Humaniora. Menurut laman Kemdikbud, tujuan program HI di Universitas Presiden adalah menghasilkan lulusan profesional yang mempunyai pengetahuan komprehensif, sifat kepemimpinan, pola pikir, dan siap mengembangkan diri. Di Indonesia, President University berada di peringkat 51 sebagai kampus terbaik.

9. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta)


Peringkat ke 104 di Asia

Peringkat ke 705 di Dunia

Peringkat selanjutnya untuk jurusan HI terbaik diraih oleh Universitas Islam Negeri Jakarta. Menurut laman resminya, jurusan yang berada di bawah FISIP ini baru mendapatkan perpanjangan akreditasi A pada tahun 2022. FISIP UIN sendiri berdiri sejak tahun 2009.

10. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Peringkat ke 114 di Asia

Peringkat ke 739 di Dunia

Mengutip laman resminya, program studi Universitas Sebelas Maret berdiri pada tahun 2012. Selain memberi bekal pada mahasiswa agar memiliki kompetensi yang cukup di kancah internasional, prodi ini juga memberi keterampilan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Sejumlah Prospek Lulusan Jurusan Hubungan Internasional


1. Duta Besar


Duta Besar dan Diplomat bekerja pada Kementrian Luar Negeri bersama. Sebagai pejabat diplomatik yang dipilih oleh Presiden, kamu merepresentasikan negaramu di negara tujuan. Fungsi diplomatik Duta Besar yaitu melindungi warga negara di negara tujuan, menjaga hubungan internasional antar negara, serta menjaga perdamaian dunia.

2. Staf Kedutaan


Tugas Staf Kedutaan terbagi sesuai dengan spesialisasinya masing-masing. Sebagai Staf Ekonomi, kamu bernegoisasi tentang pajak atau persoalan-persoalan ekonomi yang lain. Staf Politik akan melaporkan iklim politik negara tujuan, mencakup terorisme, demonstrasi massa, kekerasan kelompok, maupun pertikaian.

3. Government Relations Officer


Bekerja pada perusahaan asing di negaramu sendiri sebagai Government Relations Officer berarti kamu akan menjadi penghubung antara perusahaan tempatmu bekerja dengan pemerintah. Kamu akan bertemu dengan banyak politisi pada berbagai tingkat pemerintahan hingga mempengaruhi kebijakan legislatif dengan diplomasimu. Kamu juga mengajari karyawan di perusahaan untuk melakukan lobi.

4. Wartawan atau Jurnalis


Terlatih berpikir kritis, analitis, dan selalu ter-update dengan perkembangan dunia, kamu bisa menjadi seorang Jurnalis ataupun Reporter yang handal. Kamu bisa bekerja pada media nasional maupun internasional.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)