5 Jurusan yang Banyak Praktikum, Ternyata Bukan Hanya di Kedokteran

Selasa, 09 Juli 2024 - 08:27 WIB
loading...
5 Jurusan yang Banyak...
Bagi calon mahasiswa baru di beberapa jurusan kuliah, praktikum akan menjadi salah satu rutinitas kuliah. Foto/Unair.
A A A
JAKARTA - Ini adalah 5 jurusan kuliah yang dikenal banyak melakukan praktikum . Lantas apa sebenernya tujuan dari praktikum itu?

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah Paling Santai yang Tidak Ada Praktikum, Kalian Tertarik?

Bagi calon mahasiswa baru di beberapa jurusan kuliah, praktikum akan menjadi salah satu rutinitas kuliah. Praktikum dirancang memperkuat pemahaman teoritis yang diajarkan di dalam kelas.

Baca juga: Ini Jurusan yang Paling Banyak Praktikum, Nomor 1 Jadi Impian Calon Mahasiswa

Praktikum bisa memiliki durasi, intensitas, dan metode pelaksanaan yang berbeda-beda. Tergantung mata kuliah, institusi, dan juga tujuannya.

Melalui praktikum, mahasiswa dapat menerapkan teori yang telah dipelajari di kelas ke dalam situasi nyata. Hal ini membantu mereka memahami bagaimana konsep-konsep teoretis berlaku dalam dunia nyata dan meningkatkan kemampuan analitis serta pemecahan masalah.

Baca juga: Akan Praktikum, 9 Mahasiswa PTS Yogyakarta Positif COVID-19

Praktikum memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknis yang relevan dengan bidang studi mereka. Misalnya, mahasiswa teknik dapat belajar menggunakan peralatan laboratorium, sementara mahasiswa kedokteran dapat mempraktikkan prosedur medis.

Baca juga: Heboh Penemuan Mayat Diawetkan di Kampus, Ini Penjelasan tentang Sistem Pengadaan dan Perawatan Cadaver

Dikutip dari laman Mau Kuliah, berikut ini lima jurusan kuliah yang banyak melakukan praktikum.

5 Jurusan Kuliah yang Banyak Praktikum

1. Kedokteran


Jurusan kedokteran adalah salah satu program studi yang mengajarkan tentang ilmu kedokteran dan teknik-teknik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.
Praktikum di jurusan kedokteran meliputi berbagai aktivitas praktis yang membantu mahasiswa memahami teori-teori yang diajarkan. Ini bisa termasuk pemeriksaan pasien, melakukan prosedur medis, dan bekerja dengan peralatan medis.

2. Teknologi Pangan


Jurusan yang mempelajari produksi, memproses, dan menyimpan bahan makanan dengan cara yang aman dan berkualitas tinggi ini juga masuk dalam daftar jurusan dengan banyak praktikum.

Praktikum di jurusan Teknologi Pangan meliputi berbagai aktivitas praktis untuk membantu mahasiswa memahami teori-teori yang diajarkan.

Ini bisa termasuk melakukan eksperimen pemrosesan bahan makanan, menganalisis bahan makanan, dan mengevaluasi kualitas produk pangan. Praktikum juga membantu mahasiswa membangun keterampilan dan meningkatkan keahlian mereka dalam bidang teknologi pangan.

3. Farmasi


Praktikum di jurusan farmasi meliputi berbagai aktivitas praktis untuk membantu mahasiswa memahami teori-teori yang diajarkan. Ini bisa termasuk mengukur bahan-bahan farmasi, membuat formula obat, dan menganalisis obat-obatan.

4. Biokimia


Praktikum di jurusan biokimia meliputi berbagai aktivitas praktis untuk membantu mahasiswa memahami teori-teori yang diajarkan. Ini bisa termasuk melakukan eksperimen biokimia, analisis data, dan menganalisis hasil dari berbagai reaksi biokimia.

Jurusan Biokimia adalah program studi yang mempelajari tentang molekuler dan seluler dasar dari kehidupan. Ini meliputi studi tentang molekuler dan seluler dasar dari proses-proses biologis seperti metabolisme, pertumbuhan, dan reproduksi.

5. Agroteknologi


Praktikum di jurusan Agroteknologi meliputi berbagai aktivitas praktis untuk membantu mahasiswa memahami teori-teori yang diajarkan.

Ini bisa termasuk melakukan eksperimen pertanian, mengelola lahan pertanian, dan melakukan pemrosesan bahan makanan. Praktikum juga membantu mahasiswa membangun keterampilan dan meningkatkan keahlian mereka dalam bidang agroteknologi.

Demikian lima jurusan kuliah yang banyak praktikumnya. Adakah selain kelima jurusan di atas yang banyak praktikumnya? Tulis di kolom komentar ya.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)