Mau Kerja di Bank? 8 Jurusan Kuliah Ini Bisa Wujudkan Impianmu

Selasa, 09 Juli 2024 - 14:01 WIB
loading...
Mau Kerja di Bank? 8...
Menjadi pegawai bank adalah salah satu pekerjaan yang saat ini sangat diminati. Selain gajinya di atas rata-rata, karier di perbankan juga cukup menjanjikan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan kuliah yang dibutuhkan untuk kerja di perbankan. Menjadi pegawai bank adalah salah satu pekerjaan yang saat ini sangat diminati. Selain gajinya di atas rata-rata, karier di perbankan juga cukup menjanjikan.

Lantas jika ingin kerja di bank, lulusan jurusan apa yang biasanya dibutuhkan? Untuk menjawab hal itu, artikel kali ini akan mengulasnya secara tuntas, simak ya!

8 Jurusan yang Lulusannya Dibutuhkan untuk Kerja di Bank


1. Ekonomi


Lulusan program studi ekonomi dan ekonomi syariah menjadi salah satu jurusan kuliah yang dibutuhkan untuk kerja di bank. Alasannya, lulus jurusan ekonomi ini biasanya lebih memahami proses yang terjadi di dalam perbankan serta tidak asing dengan istilah perbankan, sehingga bisa lebih cepat memahami tugasnya.

2. Keuangan


Dilansir dari situs Universitas Prasetiya Mulya, jurusan finance atau keuangan biasanya tidak terlepas dari investasi dan perbankan. Lulusan keuangan bisa bekerja sebagai bankir investasi, manajer dana, manajer risiko, perencana keuangan, manajer investasi, analis keuangan, analis kredit, dan konsultan.

3. Manajemen


Satu lagi jurusan dari Fakultas Ekonomi yang dibutuhkan di bank. Dikutip dari laman Universitas Bakrie, para lulusan manajemen yang berminat bekerja di bank bisa bertugas di bagian front office maupun back office.



Untuk bagian front office bisa sebagai teller atau bagian customer service. Sedangkan bagian back office akan bertugas memonitor transaksi keuangan, pengelolaan laporan keuangan, dan pembuatan laporan penjualan.

4. Ilmu Komunikasi


Bank biasanya juga terbuka untuk menerima lulusan di luar jurusan ekonomi, misalnya ilmu komunikasi. Dikutip dari laman Universitas An-Nur Lampung, jurusan ini mempelajari ilmu penyampaian pesan dan informasi, baik secara langsung maupun melalui media.

Lulusan jurusan ini biasanya memahami jurnalistik, public relation, advertising, dan broadcasting. Bank dapat memanfaatkan lulusan ilmu komunikasi sebagai teller, customer service, kehumasan, dan tim media.

5. Teknologi Informasi/Teknik Informatika


Perbankan kini juga harus dilengkapi perangkat canggih. Lulusan dari jurusan teknologi informasi dan teknik informatika bisa mengisi posisi ini untuk melakukan perawatan situs, pembuatan aplikasi, hingga pengelolaan data.

6. Psikologi


Berdasarkan laman salah satu bank swasta Indonesia, jurusan lain yang dibutuhkan di bank adalah psikologi. Lulusan psikologi bisa menempati posisi sebagai HR specialist di bank.

7. Hukum


Begitu juga dengan jurusan hukum. Bank juga membutuhkan lulusan jurusan ini untuk ditempatkan dalam bagian legal. Setiap perusahaan pasti membutuhkan tim legal yang mengurusi masalah regulasi, perizinan, hingga menyelesaikan masalah dengan internal, dengan klien, nasabah, maupun dengan investor.

8. Jurusan Lainnya


Berdasarkan situs Kementerian Perindustrian, bankir juga bisa diisi dari lulusan semua jurusan. Banyak teller atau customer service di bank yang berasal dari lulusan kuliah yang tidak berhubungan dengan keuangan.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2553 seconds (0.1#10.140)