7 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ekonomi, Semuanya Menjanjikan

Kamis, 19 Oktober 2023 - 13:55 WIB
loading...
7 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ekonomi, Semuanya Menjanjikan
Jurusan kuliah Ekonomi menawarkan prospek kerja yang menjanjikan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Ekonomi menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati mahasiswa. Sebab, jurusan yang satu ini mengajarkan cara mengelola sumber daya yang terbatas secara efektif dan optimal.

Selain itu, jurusan ekonomi juga menawarkan prospek kerja yang luas dan bergaji besar di berbagai bidang. Adapun bidang pekerjaan yang bisa digeluti oleh jurusan Ekonomi adalah sebagai berikut.

Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ekonomi


1. Konsultan Ekonomi


Jurusan kuliah Ekonomi juga bisa menjadi seorang konsultan ekonomi. Tugasnya adalah memberikan saran dan analisis tentang masalah-masalah ekonomi, seperti pertumbuhan, inflasi, kesejahteraan, pajak, perdagangan, dan sebagainya.


2. Analisis Keuangan


Analis keuangan adalah orang yang mengevaluasi kinerja keuangan dan risiko investasi dari perusahaan, industri, atau pasar. Analis keuangan dapat bekerja di bank, perusahaan sekuritas, perusahaan asuransi, atau lembaga keuangan lainnya.

3. Perencana Keuangan


Selain itu, jurusan Ekonomi juga bisa menjadi seorang perencana keuangan. Jika bekerja di bidang ini, nantinya akan membantu klien dalam merencanakan dan mengelola keuangan mereka, seperti penghasilan, pengeluaran, tabungan, investasi, pensiun, pajak, dan asuransi.


4. Akuntan


Lulusan jurusan kuliah Ekonomi juga bisa menjadi akuntan. Posisi ini bertugas untuk mencatat, mengklasifikasikan, meringkas, dan melaporkan transaksi keuangan dari suatu entitas. Akuntan dapat bekerja di perusahaan publik maupun swasta.

5. Peneliti Ekonomi


Seorang peneliti ekonomi nantinya akan bertugas dalam penelitian ilmiah tentang fenomena ekonomi, seperti permintaan dan penawaran, konsumsi dan produksi. Peneliti ekonomi juga menganalisis fenomena lain seperti pengangguran, inflasi, perdagangan, dan sebagainya.

6. Analis Investasi


Analis investasi juga bisa diisi oleh orang yang lulus dari jurusan kuliah Ekonomi. Tugas dari pekerjaan ini adalah mengevaluasi potensi dan kelayakan investasi pada berbagai instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, reksa dana, derivatif, dan sebagainya.

7. Aktuaris


Aktuaris sendiri adalah orang yang menerapkan matematika, statistika, dan ilmu aktuaria untuk mengukur dan mengelola risiko keuangan, terutama dalam bidang asuransi dan pensiun. Aktuaris dapat bekerja di perusahaan asuransi, perusahaan konsultan aktuaria, maupun lembaga pemerintahan.

Itulah sejumlah prospek pekerjaan yang bisa satu jalur dengan jurusan kuliah ekonomi. Semoga bermanfaat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)