Mau Kuliah Vokasi Menantang? Ini 5 Jurusan Unik Politeknik dengan Prospek Cerah

Selasa, 09 Juli 2024 - 14:19 WIB
loading...
Mau Kuliah Vokasi Menantang?...
Salah satu jurusan politeknik unik di Indonesia yang disebut memiliki prospek menjanjikan di masa depan adalah Teknologi Game. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan unik di politeknik yang bisa menjadi referensi para pejuang pendidikan vokasi. Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan vokasi dalam berbagai ilmu pengetahuan.

Ada sejumlah jurusan di politeknik yang banyak diincar calon mahasiswa, mulai dari teknik sipil, teknik mesin, hingga akuntansi. Tapi tahukan kamu, dari sekian banyak jurusan di politeknik, ada beberapa prodi unik.

Meski unik dan jarang namun jurusan ini disebut-sebut memiliki prospek menjanjikan. Apa saja? Mengutip laman Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Jurusan Unik di Politeknik dengan Prospek Menjanjikan


1. Teknologi Rekayasa Utilitas


Jurusan yang pertama ada teknologi rekayasa utilitas. Mahasiswa yang diterima di jurusan ini akan belajar mengenai rekayasa utilitas bangunan gedung.

Tak sebatas pada gedung perkantoran saja, jurusan ini juga dibutuhkan dalam rekayasa bangunan lainnya, seperti gedung hunian, komersial, perhotelan, hingga industri.

Lulusan dari jurusan Teknologi Rekayasa Utilitas dapat bekerja di sejumlah sektor, seperti industri retail, perhotelan, rumah sakit, perbankan, sampai perkantoran.

Lalu, prospek kerja dari jurusan ini juga terbuka di perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, manufaktur farmasi, kimia, petrokimia, pertambangan, dan tekstil.

2. Teknologi Game


Seiring majunya teknologi, industri game juga mengalami perkembangan pesat. Untuk mahasiswa yang bergabung ke jurusan ini, nantinya akan dibekali dengan empat kemampuan dasar di industri game, yakni kemampuan teknis, desain, sosial dan komunikasi, serta bisnis dalam berwirausaha di bidang industri game.



Ketika sudah lulus, mereka dapat bekerja di sejumlah developer game, baik itu bergabung dalam tim game, design, game art, atau programming. Lulusan Teknologi Game punya kesempatan untuk mendapatkan gaji besar, apalagi jika telah berpengalaman dan didukung soft skill serta hard skill yang memadai.

3. Logistik Perdagangan Internasional


Nantinya, mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan spesifik dalam bidang supply chain, procurement, warehouse management, project management, dan menjadi entrepreneur yang handal.

Jurusan yang terhitung baru ini mempunyai kapasitas sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi para lulusannya.

4. Produksi Tanaman Hortikultura


Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali tentang cara pembibitan yang baik, budidaya, penanganan pasca panen, dan pemasaran tanaman hortikultura untuk tanaman hias, buah-buahan, dan juga sayur-sayuran.

Lulusan dari jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Jika tertarik, kamu bisa mengambil jurusan Produksi Tanaman Hortikultura di Politeknik Negeri Jember.

5. Rekayasa Keamanan Siber


Mahasiswa akan mempelajari tentang pengembangan keamanan siber untuk tujuan tertentu. Lulusannya bakal mempunyai keterampilan yang baik di bidang keamanan siber dan jaringan. Saat ini, jurusan Keamanan Siber sudah cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)