Pendaftaran Dibuka Juli-Agustus, Catat! Ini Batas Usia Pelamar Seleksi CASN 2024

Kamis, 11 Juli 2024 - 10:36 WIB
loading...
Pendaftaran Dibuka Juli-Agustus,...
Salah satu hal penting dalam seleksi CASN hal yang perlu diperhatikan oleh calon peserta yaitu batas usia pelamar. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi batas usia pelamar dalam selesksi CASN 2024 yang perlu diperhatikan pejuang CPNS. Seleksi CPNS dan PPPK akan kembali dibuka oleh pemerintah pada bulan Juli-Agustus 2024. Melalui Kemenpan RB, pemerintah telah mengumumkan akan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Sebanyak 1.289.824 formasi yang disediakan oleh pemerintah dalam seleksi CASN tahun 2024, untuk disalurkan di instansi pusat maupun daerah. Dalam seleksi CASN hal yang perlu diperhatikan oleh calon peserta yaitu batas usia pelamar.Untuk membahas soal itu, artikel kali ini akan mengulasnya secara tuntas, simak ya!

Batas Usia Pelamar dalam Seleksi CASN Tahun 2024


Adapun batas usia pelamar yang harus diperhatikan oleh calon peserta, diantaranya sebagai berikut:

Pelamar CPNS


Batas pelamar CPNS paling rendah yaitu 18 tahun dan maksimal 35 tahun, namun batas usia ini dapat dikecualikan untuk beberapa jabatan tertentu.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Dalam Pasal 23 Ayat 1 menjelaskan setiap WNI memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan. Termasuk persyaratan paling rendah minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Pelamar CPNS S-3


Untuk beberapa jabatan-jabatan tertentu seperti dokter gigi, dokter spesialis, maupun dokter umum memberikan syarat batas usia pelamar maksimal yaitu 40 tahun.



Sesuai dengan Pasal 23 Ayat 2 berbunyi batas usia sebagaimana yang dimaksud dalam Ayat 1 dapat dikecualikan dengan jabatan tertentu, yaitu maksimal 40 tahun. Jabatan tersebut telah diatur oleh presiden, sebagaimana yang tertera dalam Pasal 23 Ayat 3.

Pelamar PPPK


Batas usia pelamar untuk PPPK minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada posisi yang dilamar.

Rancangan Jadwal Seleksi CASN


Dilansir dari laman resmi, BKN telah membuat rancangan lini masa tiga periode pembukaan CPNS dan PPPK 2024, yang meliputi:

Periode I: Pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan seleksi sekolah kedinasan mulai minggu ketiga Maret 2024

Periode II: Pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK yang akan dilaksanakan pada Juni 2024

Periode III: Pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada Agustus 2024.

Pembukaan tiga periode pendaftaran tersebut bertujuan untuk memenuhi target2,3 juta formasiCASN. Tahun ini, pemerintah berniat membuka lowongan 1.289.824 CASN yang terdiri dari 427.650 formasi instansi pusat dan 862.174 formasi instansi daerah.

Setelah pendaftaran dibuka, calon pelamar pun dapat melihat perincian formasi CPNS dan PPPK melalui portal ASN Karier dengan alamat sscasn.bkn.go.id.

(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)