Unair Banyuwangi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Prodi Kedokteran 2024, Ini Caranya

Jum'at, 12 Juli 2024 - 13:32 WIB
loading...
Unair Banyuwangi Buka...
Unair resmi membuka penerimaan mahasiswa baru jurusan Kedokteran di FIKKIA Banyuwangi melalui jalur mandiri. Foto/Unair.
A A A
BANYUWANGI - Universitas Airlangga ( Unair ) resmi membuka penerimaan mahasiswa baru jurusan Kedokteran di FIKKIA Banyuwangi. Tersedia kuota 50 melalui jalur seleksi mandiri.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Unair Banyuwangi Prof. Dr. Soetojo mengatakan, kualitas pendidikan dokter di FIKKIA Banyuwangi setara dengan FK Unair Surabaya.

Baca juga: Rincian Biaya Kuliah di FK Unair 2024, Ada Jurusan Kedokteran dan Kebidanan

Diketahui, Unair menjadi perguruan tinggi pertama yang memiliki dua program studi kedokteran. Fakultas pertama adalah Fakultas Kedokteran yang berada di Surabaya.

Dia menjelaskan, FIKKIA memiliki kurikulum yang sama dengan FK Unair Surabaya. Ada juga pendampingan dan dukungan langsung dosen pengajar senior dari FK Unair Surabaya.

Baca juga: Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unair 2024 Semua Fakultas, UKT Termahal Jurusan Apa?

“Kualitas pendidikan sama dengan FK Surabaya. Untuk tahun pertama FIKKIA akan membuka 50 kuota mahasiswa,” ujarnya, dikutip dari laman Unair, Jumat (12/7/2024).

Daftar di Jalur Mandiri


Prodi Kedokteran FIKKIA Unair Banyuwangi membuka kesempatan bagi lulusan SMA sederajat melalui Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) Reguler Tes Tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara daring mulai 9 Juli hingga 1 Agustus 2024 pada laman ppmb.unair.ac.id. Salah satu persyaratannya adalah tidak buta warna total maupun parsial.

Baca juga: Unair Terima 2.831 Peserta SNBT 2024, Ini Jurusan dengan Nilai Rerata Tertinggi

Proses ujian akan berlangsung secara luring di Kampus Unair Surabaya pada 5 Agustus 2024. Sementara penetapan mahasiswa baru akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024.

“Pendaftaran tahun berikutnya akan dibuka dengan jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan pertimbangan penambahan kuota sesuai animo masyarakat nantinya,” tutur dia.

Laboratorium Alam


Calon mahasiswa Kedokteran FIKKIA Unair Banyuwangi akan menikmati fasilitas pendidikan yang lengkap dan canggih.

Misalnya laboratorium terpadu yang mencakup anatomi, patologi, parasitologi, theramed, dan biokimia. PTN yang dipimpin Rektor Prof M Nasih ini juga menjamin semua fasilitas di FIKKIA berkualitas baik dan berteknologi terkini.

Baca juga: 10 Jurusan Paling Ketat di Seleksi Mandiri Unair, Cek UKTnya

Selain itu, keunggulan lainnya adalah berlokasi di Banyuwangi dan memiliki banyak kawasan wisata, juga bisa menjadi laboratorium alam untuk mahasiswa.

Mahasiswa bisa mendapat pengalaman sebagai travel medicine agar terbentuk menjadi dokter yang tangguh, handal, dan adaptif di berbagai medan.

“Lulusan tak hanya sebatas berkompeten dalam bidang travel medicine. Namun, juga siap jadi dokter yang berkompeten dan profesional,” pungkas dia.

Biaya Kuliah


Bagi Anda yang tertarik mendaftar Kedokteran di Unair Banyuwangi, Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp25 juta dan Iuran Pengembangan Institusi Rp275 juta.

UKT akan dibayar mahasiswa setiap semester. Sementara IPI atau uang pangkal hjanya dibayar satu kali pada saat masuk.

Tata Cara Pendaftaran

A. Registrasi Akun Pendaftaran


Sebelum melakukan pengisian formulir pendaftaran online, Anda diwajibkan mempunyai akun pendaftaran yang akan dipakai untuk bisa login ke Sistem Pendaftaran Online Universitas Airlangga.

1. Buka situs pendaftaran di http://pendaftaran.unair.ac.id.

2. Kemudian klik menu Registrasi.

3. Setelah tampilan muncul, kemudian isikan Nama, No Telp / HP (disarankan HP), Email, Password yang diinginkan. Email & Password ini akan digunakan untuk login

4. Klik tombol [Registrasi], Jika sudah melakukan regitrasi peserta dapat langsung melakukan login untuk pendaftaran.

5. Proses registrasi akun pendaftaran sudah selesai, anda hanya cukup melakukan proses ini sekali saja. Jika sudah pernah memiliki akun sebelumnya maka calon peserta bisa mengubah penerimaan dengan masuk ke akun sebelumnya pilih pemilihan penerimaan – klik disini – lalu pilih jalur baru yang diinginkan.

B. Pengisian Formulir


1. Buka situs http://pendaftaran.unair.ac.id

2. Login menggunakan akun registrasi dengan Email & Password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, tampilan pertama adalah alur proses pendaftaran yang harus ditempuh seorang peserta. Jika belum mempunyai akun registrasi ikuti proses “A. Registrasi Akun Pendaftaran”

3. Ikuti langkah pertama yaitu pemilihan jenjang seleksi dengan cara klik menu atas Pendaftaran dan Pemilihan Penerimaan

4. Pilih penerimaan yang diinginkan, kemudian klik Daftar.

5. Kemudian piih jenis formulir / jenis jurusan (Saintek/Soshum/Campuran), setelah dipilih klik Simpan. Maka akan muncul tampilan formulir pendaftaran

6. Isi formulir sesuai data diri Anda, dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah selesai terisi semua klik menu Simpan.

7. Setelah mengisi formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mengunggah berkas persyaratan. Untuk mengupload berkas persyaratan klik menu Pendaftaran dan Upload Berkas.

8. Unggah satu-persatu file syarat yang dibutuhkan, perhatikan juga peringatan tentang syarat file yang bisa diunggah beserta informasi materai yang harus dipakai untuk berkas pernyataan. Setelah diunggah semua, kemudian klik tombol Submit untuk diverifikasi.

9. Proses pengisian formulir dan unggah file persyaratan sudah selesai. Anda tinggal menunggu hasil verifikasi oleh panitia penerimaan dengan mengecek secara periodik di menu Verifikasi dan Hasil Verifikasi.

10. Jika anda menginginkan mendaftar kembali jalur atau jenjang yang berbeda dimohon untuk menyelesaikan pendaftaran yang pertama terlebih dahulu. Lalu silakan mengubah kembali pilihan penerimaan dengan cara masuk ke akun sebelumnya pilih pemilihan penerimaan – klik disini – lalu pilih jalur atau jenjang baru yang diinginkan.

C. Pembayaran Voucher dan Cetak Kartu Ujian


Setelah proses verifikasi selesai, Anda bisa melakukan pembayaran voucher ke bank mitra (Bank Mandiri/BNI/BRI/Bank Jatim) dengan melihat kode voucher dan besar biaya yang harus dibayarkan di menu Verifikasi -> Kode Voucher.

Pembayaran voucher ini dilakukan untuk mendapatkan pin voucher sebagai syarat untuk bisa mencetak kartu ujian. Setelah melakukan pembayaran di bank, anda akan menerima pin voucher yang bisa digunakan untuk mencetak kartu ujian melalui menu di halaman pendaftaran Verifikasi -> Cetak Kartu.

Demikian informasi pendaftaran mahasiswa baru jurusan Kedokteran di Unair Banyuwangi. Semoga bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)