UT Luluskan 1.800 Mahasiswa, 3 Public Figure Jadi Wisudawan Inspiratif

Rabu, 17 Juli 2024 - 09:47 WIB
loading...
UT Luluskan 1.800 Mahasiswa,...
Rektor UT serta jajaran petinggi UT berfoto bersama tiga Wisudawan Inspiratif UT usai prosesi wisuda. Foto/UT.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 1800 wisudawan Universitas Terbuka (UT) mengikuti wisuda Periode II wilayah 1 TA 2023/2024 ini. Ada tiga public figure yang menjadi wisudawan inspiratif UT kali ini.

Para wisudawan berasal dari lulusan keempat fakultas yang terdapat di UT yaitu Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FE), serta lulusan Program Magister dari Program Pascarsarjana.

Baca juga: Ikut Penilaian UI GreenMetric, UT Kejar Target SDGs dan WCU

Sementara itu ada empat mahasiswa yang menjadi wisudawan inspiratif, tiga di antaranya adalah public figure, mereka adalah sebagai berikut:

1. Kamasean Yoce Matthews

Program Studi : S1 Ilmu Hukum
Profesi : Penyanyi
Prestasi : Pemenang Indonesian Idol Tahun 2002

2. Mayor Jenderal TNI Dr. Yenny Purnama, Sp.A.(K)., M.Kes., M.A.R.S., M.H.

Program Studi : S1 Ilmu Hukum
Jabatan : Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI

3. Mirza Riadiani Kesuma (Chicha Koeswoyo)

Program Studi : S1 Ilmu Komunikasi
Profesi : Penyanyi Cilik
Judul Lagu Terkenal: Heli Guk Guk

4. Rodhiyah

Program Studi : S1 Ilmu Komunikasi
Disabilitas : Tuna Rungu

Mayor Jenderal TNI Dr. Yenny Purnama mengatakan, UT menjadi salah satu pilihan bagi generasi muda untuk berkuliah dengan biaya terjangkau.

Baca juga: Deretan Beasiswa Universitas Terbuka 2024, Cek Daftarnya

"Jika di konvensional biayanya lumayan mahal, ada satu pilihan yang menurut saya luar biasa. Semoga gen z kita sudah mulai berminat ke UT karena ini menjadi peluang luar biasa. Jangan takut menjadi sarjana," ujarnya usai prosesi wisuda, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (17/7/2024).

Sementara Chicha Koeswoyo mengatakan, ia bangga dan bahagia telah lulus dan menjadi bagian dari UT. Dia menuturkan, di umurnya yang menginjak 56 tahun usia bukan menjadi penghalang untuk menuntut ilmu.

"Dilihat dari sisi usia, usia saya 56 tahun tetapi di situ ada niat dan ada jalan. Pada saat kita mempunyai niat menimba ilmu sebanyak-banyaknya UT jawabannya," ujarnya.

Baca juga: Kenalkan Mahasiswa dengan Dunia Perbankan, UT dan BTN Buka Program Magang

Sementara Sean menuturkan, meski saat ini ia tinggal di Kanada namun ia tetap bisa berkuliah dengan sistem pendidikan jarak jauh yang diterapkan UT.

"UT menjadi jawaban yang tepat untuk orang-orang yang mempunyai niat belajar dan mengemban ilmu namun mempunyai sisi keterbatasan, tidak hanya ekonomi tapi juga geografis," katanya.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, UT telah berupaya secara optimal berevolusi menjadi perguruan tinggi jarak jauh yang inklusif. Dengan demikian UT pun saat ini bisa menjangkau mahasiswa tidak terbatas dari segi usia, fisik, ekonomi, geografis.

"Semoga UT bisa menjadi solusi bagi bangsa dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM di Tanah Air. UT juga berpartisipasi meningkatkan APK Pendidikan Tinggi dari 31 persen menjadi 41 persen, dan memberi kesempatan anak bangsa untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik di masa depan," imbuhnya.

Wisuda ini diselenggarakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) di lingkungan UT Pusat secara luring, Selasa (16/7/2024). Wisuda UT dihelat selalu dengan nuansa yang istimewa karena prosesi wisuda ini dihadiri oleh para wisudawan/wisudawati terrpilih dari berbagai UT Daerah dari Sabang sampai Merauke bahkan dari UT Luar Negeri.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)