FGD LLDikti III Bahas Pentingnya Transformasi Kehumasan Perguruan Tinggi di Era Digital

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:04 WIB
loading...
FGD LLDikti III Bahas...
Kepala LLDikti Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin saat membuka Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Esa Unggul. Foto/LLDikti III.
A A A
JAKARTA - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Transformasi Kehumasan di Era Digital: Strategi dan Kolaborasi Masa Depan". FGD ini bekerja sama dengan Universitas Esa Unggul (UEU).

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, LLDikti Wilayah III menyadari betapa pentingnya peran kehumasan dalam membangun citra dan reputasi institusi pendidikan tinggi.

Baca juga: LLDikti III Dorong Perguruan Tinggi di Jakarta Terakreditasi Unggul

Kehumasan yang efektif tidak hanya berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara perguruan tinggi dan publik, tetapi juga sebagai agen perubahan yang proaktif dalam menciptakan peluang dan mengantisipasi perubahan.

“Di era digital ini, transformasi kehumasan bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Posisi humas di perguruan tinggi memiliki banyak tantangan, namun perguruan tinggi harus tetap berpegang pada karakteristik yang mengacu pada Tridharma Perguruan Tinggi yang dapat menjadikan perguruan tinggi lebih dikenal oleh calon mahasiswa baru,” ungkap Kepala LLDikti Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, dalam pembukaan kegiatan FGD ini, dikutip Rabu (17/7/2024).

Baca juga: Rakor LLDikti III Bahas Peran Humas dalam Mendukung Peningkatan Mutu Kampus

Kehumasan yang transformasional, ujar Toni, mampu menghadirkan pendekatan komunikasi yang lebih personal, responsif, dan interaktif, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan dan keterlibatan publik.

Rektor Universitas Esa Unggul Arief Kusuma mengatakan, acara ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas komunikasi dan hubungan masyarakat di lingkungan perguruan tinggi swasta, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi.

“Pada era digital ini, membutuhkan strategi khusus dalam membangun peran kehumasan, sehingga saat ini fasilitasi kegiatan FGD ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

FGD ini membahas topik-topik yang dapat memperkuat kinerja kehumasan PTS di lingkungan LLDikti Wilayah III, mulai dari Kolaborasi Efektif dengan Media di Era Digital yang dipaparkan oleh Dyah Dharmikasari Soegondo, selaku Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia, kemudian Berbagi Praktik Baik dalam Membangun Relasi dengan Media di Universitas Esa Unggul oleh Muhammad Ruslan Ramli.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)