LLDikti III Dorong Perguruan Tinggi di Jakarta Terakreditasi Unggul

Jum'at, 31 Mei 2024 - 19:08 WIB
loading...
LLDikti III Dorong Perguruan Tinggi di Jakarta Terakreditasi Unggul
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta Prof. Dr. Toni Toharudin. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - LLDikti Wilayah III Jakarta mendorong perguruan tinggi di Jakarta untuk segera terakreditasi Unggul. Percepatan akreditasi perguruan tinggi juga akan dilakukan seiring dengan pemenuhan kualitas pendidikan tinggi.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta Prof. Dr. Toni Toharuddin mengatakan, lembaganya mempunyai tugas memfasilitasi penjaminan mutu eksternal perguruan tinggi di Jakarta.

Baca juga: Raih Akreditasi Unggul, UIN Jakarta Buktikan Komitmen Tingkatkan Kualitas Akademik

"Ini penting untuk melihat perkembangan kualitas pendidikan tinggi khususnya di wilayah Jakarta. Kami pun mendorong untuk menaikkan status akreditasi dari perguruan tinggi di wilayah 3 ini," katanya, dalam keterangan resmi, Jumat (31/5/2024).

Toni menjelaskan, saat ini jumlah perguruan tinggi swasta di Jakarta ada 300. Hingga saat ini, katanya, baru ada 19 PTS yang memiliki status akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Sejumlah PTS yang sudah terakreditasi unggul di Jakarta, ujarnya, di antaranya Universitas Gunadarma, Universitas Atma Jaya, Universitas Nasional, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Kristen Krida Wacana, dan Universitas Bunda Mulia.

Baca juga: UKRIDA Raih Akreditasi Unggul dari BAN PT

"Kampus yang terakreditasi Unggul di seluruh Indonesia ada 55. Di Jakarta sendiri ada 19. Maka kami mendorong seluruh perguruan tinggi yang sudah memenuhi syarat Unggul untuk diusulkan ke BAN PT," imbuhnya.

Di samping mendorong perguruan tinggi terakreditasi Unggul, ucap Toni, pihaknya juga ingin agar perguruan tinggi di Jakarta untuk melakukan percepatan akreditasi.

"Kami mendorong percepatan di tahun ini. Targetnya supaya bisa terakreditasi karena kalau tidak akan ditinjau di kementerian untuk dipertimbangkan ditutup," terang Toni.

Dia menjelaskan, kriteria BAN PT untuk mendapatkan akreditasi Unggul itu berdasarkan penilaian dari status akreditasi program studi, jabatan fungsional, publikasi scopus, dan lainnya.

Di sisi lain, LLDikti Wilayah III juga akan menerbitkan buku yang sedianya akan dijadikan kado untuk Hari Ulang Tahun Jakarta dan akan diberikan langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Rencananya, tambah Toni, akan ada 220 judul buku dengan beberapa topik seperti energi, sosial masyarakat, ekonomi kreatif dan pariwisata, hukum, pertahanan dan keamanan, tata kelola pemerintahan, pertanian, ketahanan pangan, manufaktur, serta pendidikan dan kesehatan.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2479 seconds (0.1#10.140)
pixels