UI Bantah Isu Kebocoran Data Pribadi : Tidak Ada di Sistem Kami

Jum'at, 19 Juli 2024 - 14:32 WIB
loading...
UI Bantah Isu Kebocoran...
Universitas Indonesia (UI) membuka suara soal dugaan kebocoran data berisi informasi pribadi. Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie.
A A A
DEPOK - Universitas Indonesia (UI) membuka suara soal dugaan kebocoran data berisi informasi pribadi. UI langsung melakukan penelusuran dan pengecekan secara komprehensif.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia membantah bahwa tidak ada data yang dibobol dari sistem UI.

Baca juga: Sempat Diretas, PT KAI Jamin Keamanan Data Pelanggan Commuter Line

"Kami menerima banyak pertanyaan terkait informasi yang terpublikasikan di salah satu akun X (twitter) yang menyebutkan adanya pelanggaran data yang signifikan yang melibatkan Universitas Indonesia. Disebutkan data yang dibobol tersebut meliputi informasi pribadi seperti nomor registrasi, nomor identifikasi, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, alamat, nomor telepon, email, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan lainnya," kata Amel saat dikonfirmasi, Jumat (19/7/2024).

Baca juga: Ditanya soal Kebocoran Data PDN, Calon Hakim Agung Singgung Pihak Berwenang

"Segera setelah mengetahui beredarnya kabar ini di tengah-tengah masyarakat, kami melakukan pengecekan dan penelusuran secara komprehensif. Sampai dengan saat kami menyampaikan tanggapan ini kepada rekan-rekan media, tidak ada indikasi kebocoran data yang tersimpan pada beberapa sistem yang dimiliki UI," jelasnya.

Penelusuran ini termasuk data dari Center for Independent Learning (CIL) yang fotonya dimunculkan di platform sosial media. Postingan yang demikian menimbulkan kesan bahwa kejadian yang diberitakan merujuk pada CIL, sehingga meresahkan masyarakat.

Baca juga: Begini Cara Lihat Data Bocor di Dark Web Lewat Gmail

"Pada kenyataannya kami tidak menemukan adanya data yang bocor dari berbagai sistem kami, termasuk dari CIL," tegas Amel.

Amel berterima kasih kepada masyarakat yang peduli dengan keamanan data UI. Ia menekankan meski tidak ada data yang dibobol pihaknya tetap meningkatkan pengamanan data.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)