Ajak Warga Bijak Bermedsos, Diskusi Literasi Digital Kemkominfo Dibanjiri Ribuan Orang

Sabtu, 20 Juli 2024 - 09:44 WIB
loading...
Ajak Warga Bijak Bermedsos,...
Diskusi literasi digital Kemkominfo bersama Pemkab Pesawaran di lapangan Pemda setempat dihadiri ribuan warga, Jumat (19/7/2024) malam. Foto/Ist
A A A
PESAWARAN - Lapangan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran sejak sore telah dibanjiri puluhan ribu warga. Mereka hadir untuk mengikuti diskusi literasi digital yang dimeriahkan artis Duo DJ Remix Dangdut Mr. Jono & Joni sebagai bintang tamu, Jumat (19/7/2024) malam.

Mengusung tema ”Bijak Berinteraksi di Media Sosial”, diskusi luring (offline) gelaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Pemkab Pesawaran dan komunitas pemuda setempat itu, bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar bijak berinteraksi di media sosial. Diskusi yang dikemas dengan format talkshow itu, ’chip in’ di acara Semarak Pesawaran, peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pesawaran ke-17.

Mengawali diskusi, Bunda Literasi Kabupaten Pesawaran Nanda Indira menyebut, We Are Social dan Hootsuite mencatat pengguna media sosial di Indonesia pada awal 2023 mencapai 191 juta (73 persen populasi). Mereka rata-rata menghabiskan waktu bermain media sosial selama 3 jam 10 menit per hari.

”Data ini menunjukkan, betapa besar peran media sosial dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Untuk itu, bijak berinteraksi dengan penerapan etika digital adalah harga mati yang tak bisa ditawar lagi,” ujar Nanda Indira dalam keterangan resminya, Jumat (19/7/2024)



Media sosial, lanjut Nanda, seringkali menjadi sumber informasi bagi banyak orang. Bijak bermedia sosial, artinya kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa informasi yang dibagikan adalah benar dan dapat dipercaya.

”Sebelum membagikan sesuatu, kita harus memeriksa kebenarannya dari sumber yang terpercaya. Hindari menyebarkan hoaks atau berita palsu yang dapat menyesatkan dan merugikan orang lain. Selain itu, kita juga harus jujur dalam berkomunikasi dan tidak memanipulasi informasi untuk keuntungan pribadi atau kelompok tertentu,” jelas Nanda.

Manipulasi informasi, menurut Nanda, tidak hanya tidak etis, tetapi juga dapat merusak kepercayaan orang lain terhadap kita. Bijak bermedia sosial juga berarti menghindari plagiasi konten, empati dalam berinteraksi, sadar privasi, dan menghindari cyberbullying.

”Selain itu, menghargai perbedaan dan pendapat orang lain, tidak oversharing, sadar jejak digital, dan berpartisipasi dalam komunitas yang positif,” pungkas Nanda Indira.

Diskusi yang dipuncaki dengan gelaran dangdut itu juga dihadiri sejumlah kelompok masyarakat (komunitas) di Kabupaten Pesawaran. Di antaranya, Komunitas Turonggo Cipto Manunggal Pesawaran, Komunitas Rampag Barong Pesawaran, Paguyuban Seni Jaranan Eko Doyo, NKBC komunitas sepeda gowes, Komunitas Ekraf Pesawaran, serta masyarakat Kabupaten Pesawaran dan sekitarnya.

Dari perspektif berbeda, Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny menambahkan, bijak dan cerdas dalam bermedia sosial akan terhindar dari kejahatan dunia maya. Literasi digital dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kejahatan siber (cybercrime).

”Bentuk cybercrime di antaranya, phising, ransomware, carding, cyberbullying dan lainnya. Manfaatkan media sosial untuk mencerdaskan, mengembangkan, meningkatkan, dan membuka wawasan pengetahuan,” jelas Maya.

Sementara, menurut Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lampung Rifky Indrawan, bijak berinteraksi di media sosial bisa dimulai dengan cara memilih teman atau follower yang benar-benar kenal dan diketahui rekam jejaknya di dunia nyata.

”Pilih platform media sosial sesuai konten, tidak sembarang meneruskan konten sebelum mengetahui kebenaran sumber informasi, dan jangan share peristiwa yang kita tidak tahu,” tutup Rifky Indrawan.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)