5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dicari di Rekrutmen CASN 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 09:00 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang...
Tahun ini akan ada rekrutmen Calon Aparatur Sipil negara (CASN) besar-besaran karena ada 2,3 juta formasi. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan kuliah yang lulusannya diperkirakan banyak dicari dalam rekrutmen CASN 2024. Tahun in akan ada rekrutmen Calon Aparatur Sipil negara (CASN) besar-besaran. Bahkan jadi yang terbanyak sepanjang sejarah. Setidaknya ada 2,3 juta formasi yang akan dibuka. Termasuk untuk fresh graduate dari berbagai disiplin ilmu.

Menurut akun Tik Tok @pakpolhut setidaknya ada lima jurusan yang lulusannya akan banyak dicari dalam seleksi CASN tahun ini. Jurusan apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dicari Dalam Rekrutmen CASN 2024


1. Pendidikan

2. Kesehatan


Pendidikan dan Kesehatan jadi dua formasi yang paling banyak dibutuhkan tahun ini. Seperti yang sudah diumumkan, di pusat ada 429.183 formasi yang akan dibuka.

Sedangkan di instansi daerah ada 1.867.333 formasi, terutama untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Untuk tenaga pendidik atau guru sendiri ada 419.546 formasi dan tenaga kesehatan mencapai 417.196 formasi.Tak hanya untuk PPPK, formasi CPNS juga tersedia untuk kedua jurusan ini.

3. Ekonomi


Beruntung bagi kalian lulusan yang berbau ekonomi. Mulai dari Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi hingga Ekonomi Pembangunan. Semua instansi pemerintah itu dijalankan menggunakan anggaran pemerintah.Dan untuk mengelola ini tentunya dibutuhkan lulusan Ekonomi. Untuk itu hampir selalu ada di setiap instansi pemerintahan pasti membutuhkan alumni dari jurusan Ekonomi.

4. Hukum


Baik Ilmu Hukum atau yang berbau dengan hukum lainnya juga akan banyak dibutuhkan. Untuk itu kalau kamu lulusan dari Ilmu Hukum, segera persiapkan diri untuk rekrutmen CASN tahun ini.

Instansi yang pasti membutuhkan banyak alumni Hukum adalah Mahkamah Agung ataupun Kejaksaan.Tak hanya itu, di setiap instansi juga pasti membutuhkan analis hukum.

5. Teknologi Informasi


Jurusan selanjutnya adalah yang berbau informasi dan sejenisnya. Seperti Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Sistem Informatika hingga Teknik Informatika.


Jadwal Pendaftaran CPNS 2024


Dilansir dari laman MenPANRB, jadwal pendaftaran CPNS 2024 ditargetkan bulan Juni atau Juli 2024. Pendaftaran CASN 2024 meliputi CPNS dan PPPK.

Menurut Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, seleksi CASN 2024 dilaksanakan setelah instansi menerima surat keputusan tentang penetapan kebutuhan atau formasi pegawai ASN.

Namun, hingga pertengahan Juli 2024, belum ada informasi resmi jadwal pendaftaran CPNS 2024. Untuk itu, pastikan selalu mengupdate informasi pendaftaran CASN 2024.

Dokumen Persyaratan Daftar CPNS 2024


1. Kartu keluarga (KK)

2. Pas foto berlatar belakang merah (scan dokumen maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg)

3. Swafoto (scan dokumen maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg)

4. KTP (scan dokumen maksimal 200 Kb bertipe file jpeg/jpg)

5. Ijazah + Serdik/STR (scan dokumen maksimal 800 Kb bertipe file pdf)

6. Transkrip Nilai (scan dokumen maksimal 500 Kb bertipe file pdf)

7. Surat Penugasan Guru untuk THK-2 (scan dokumen maksimal 500 Kb bertipe file pdf)
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)