Intip Profesimu Mendatang, Ini 15 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Masa Depan

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:19 WIB
loading...
Intip Profesimu Mendatang,...
Teknologi Informasi menjadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya diprediksi banyak dibutuhkan di masa depan. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 15 jurusan kuliah yang diprediksi sangat dibutuhkan di masa depan . Memilih jurusan kuliah wajib pertimbangan calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Kenapa begitu?Karena bagaimanapun jurusan kuliah yang dipilih saat ini akan menentukan nasib masa depan seseorang. Dengan kata lain, profesi apa yang akan dijalani seseorang sedikit banyak bisa dilihat dari jurusan kuliah yang diambil saat ini. Mengutip dari laman Politeknik SCI (Siber Cerdika Internasional), artikel kali ini akan membahas daftar 15 jurusan kuliah yang diperkirakan sangat dibutuhkan di masa depan, simak ya!

15 Jurusan Kuliah yang Diprediksi Sangat Dibutuhkan di Masa Depan


1. Teknologi Informasi


Jurusan kuliah yang dibutuhkan di masa depan yang pertama adalah Jurusan Teknologi Informasi. Jurusan ini tentunya tetap dibutuhkan di masa depan karena pesatnya perkembangan teknologi.

2. Teknik Robotika


Selanjutnya, jurusan yang dibutuhkan di masa depan adalah Teknik Robotika. Tak bisa dipungkiri, di masa depan ada beberapa profesi yang bisa digantikan oleh mesin atau robot. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja di bidang robotika dan otomatisasi.

3. Kecerdasan Buatan (Artificial intelligence atau AI)


AI adalah bidang yang terus berkembang dengan banyak peluang karier di masa depan. Jurusan Artificial intelligence ini bisa kamu pertimbangkan karena bisa langsung terserap di dunia kerja.

4. Keamanan Siber


Dengan meningkatnya ancaman siber, kebutuhan akan ahli keamanan siber semakin tinggi. Sehingga Jurusan Keamanan Siber ini cocok dipilih calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

5. Bioteknologi


Bioteknologi menawarkan solusi inovatif di bidang kesehatan, pertanian, dan lingkungan. Sehingga orang yang ahli di bidang ini tetap akan dibutuhkan di masa depan.

6. Energi Terbarukan


Jurusan ini mempelajari teknologi energi terbarukan untuk masa depan yang berkelanjutan. Orang yang ahli di bidang energi terbarukan bisa menjadi solusi agar tidak tergantung dari energi yang diambil dari sumber daya alam.


7. Data Science


Masih berkaitan di bidang teknologi informasi, Jurusan Data Science juga dibutuhkan di masa depan. Bahkan Jurusan Data Science menjadi semakin penting dengan meningkatnya jumlah data yang dihasilkan setiap har

8. Ilmu Lingkungan


Meski zaman makin maju, namun lingkungan tempat kita tinggal juga wajib diperhatikan. Sehingga lulusan Jurusan Ilmu Lingkungan tetap akan dibutuhkan di masa depan. Jurusan ini mempelajari cara mengatasi masalah lingkungan global.

9. Desain UX/UI

Di masa depan, perkembangan aplikasi dan situs web, sehingga kebutuhan akan desainer UX/UI terus meningkat.

10. Psikologi Klinis


Di masa depan, kesehatan mental akan makin jadi diperhatikan masyarakat. Sehingga sumber daya manusia yang kompeten di bidang tersebut tetap dibutuhkan.

11. Ilmu Material


Jurusan Ilmu Material di masa depan juga masih dibutuhkan. Jurusan ini mempelajari pengembangan material baru yang inovatif.

12. Agrikultur Modern


Teknologi pertanian modern akan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan global.

13. Teknik Biomedis


Jurusan ini mempelajari teknologi medis inovatif untuk diagnosis dan perawatan. Sehingga lulusan Jurusan Teknik Biomedis juga tetap akan dibutuhkan di masa depan.

14. Ekonomi Digital


Jurusan ini mempelajari ekonomi yang didorong oleh teknologi digital.

15. Manajemen Bencana


Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di masa depan dan langkah mitigasinya, kebutuhan akan ahli manajemen bencana juga akan semakin tinggi.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)