Aktivis Pencinta Alam Gema Persada.LH FP-UMP Gelar Ekspedisi Permata Hijau Dempo

Rabu, 31 Juli 2024 - 11:51 WIB
loading...
Aktivis Pencinta Alam...
Tim Ekspedisi Permata Hijau Dempo Gema Persada.LH Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang (FP-UMP). Foto: Istimewa
A A A
PALEMBANG - Aksi nyata peduli lingkungan bertajuk "Ekspedisi Permata Hijau Dempo" digelar para aktivis pencinta alam yang tergabung dalam organisasi Generasi Mahasiswa Persaudaraan Alam dan Lingkungan Hidup (Gema Persada.LH) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang (FP-UMP).

baca juga: Bincang Mangrove Gema Persada LH, Walhi Sebut Dua Pulau di Sumsel Hilang

Ketua Gema Persada.LH FP UMP, Ikhsanul Qowam, yang akrab disapa Mirza, menjelaskan bahwa acara ini akan diselenggarakan di dua lokasi, yakni Kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagaralam, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel),pada 1-10 Agustus 2024.

Di Kabupaten Empat Lawang, acara dipusatkan di lokasi wisata Sungai Ayek Lintang. Berbagai kegiatan akan dilakukan di sana, termasuk penyebaran benih ikan dan penanaman pohon penghijauan.

Sungai Ayek Lintang yang terkenal dengan keindahan alamnya menjadi lokasi ideal untuk kegiatan ini. Selain itu, para peserta juga akan menikmati arung jeram di Sungai Ayek Lintang, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga serta meningkatkan kebersamaan di antara anggota Gema Persada.LH.

Setelah menyelesaikan kegiatan di Kabupaten Empat Lawang, ekspedisi akan berlanjut ke Kota Pagaralam. Di sini, para peserta akan melakukan pendakian Gunung Dempo. Selain mendaki, mereka juga akan terlibat dalam kegiatan sosial yang fokus pada sosialisasi perlindungan alam serta pendataan flora dan fauna yang ada di Gunung Dempo .

baca juga: Potret Hangat Kekerabatan Pendaki Jabodetabek, Saudara Walau Tidak Sedarah

"Pendakian ini tidak hanya menantang fisik, tetapi juga memberikan kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang keanekaragaman hayati di wilayah tersebut," kata Mirza.

Ekspedisi Permata Hijau Dempo diikuti oleh 13 peserta dan didampingi 6 orang senior berpengalaman, ini dilepas langsung oleh Wakil Dekan II Fakultas Pertanian UMP, Alhanan Nasir, di Kampus A UMP, Selasa (30/7/2024).

Dalam sambutannya, Alhanan Nasir menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini dan berharap acara ini berjalan lancar dan sukses. Ia juga berpesan agar para peserta ekspedisi menjaga nama baik organisasi, fakultas, dan universitas.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)