Hal-hal Konkret yang Bisa Kita Lakukan untuk Menjaga Lingkungan

Kamis, 03 Februari 2022 - 17:22 WIB
loading...
Hal-hal Konkret yang Bisa Kita Lakukan untuk Menjaga Lingkungan
Jaga lingkungan sekitar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setiap orang selalu mendambakan lingkungan bersih dan nyaman di daerah tempat tinggalnya. Lingkungan yang terjaga akan membuat siapa pun betah berada di situ. Tidak hanya soal kenyamanan, sebagaimana kita ketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan menjaga kebersihan artinya kita turut merawat keimanan yang ada di dalam diri. Iman bukan soal religiusitas semata, lebih dari itu kemauan kita untuk turut menjaga lingkungan juga termasuk di dalamnya.

Hampir setiap hari kita mendengar berita-berita kurang menyenangkan mengenai kondisi bumi. Mulai dari banjir, tanah longsor, mencairnya es di kutub, hingga keberadaan sampah plastik berton-ton yang memenuhi laut lepas. Sungguh mengerikan bukan?

Baca juga: Bersanding Harvard dan Stanford, UGM Masuk 10 Besar Dunia Kampus Top di Instagram

Usia bumi yang bisa dibilang tua ini sangat rawan dengan serangan bencana alam . Maka dari itu, kita sebagai manusia sudah sepantasnya turut menjaga keadaan lingkungan. Dimulai dari hal-hal sederhana kita bisa turut menyelamatkan bumi, berikut ini hal-hal konkret yang bisa kita lakukan.

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya
Membuang sampah pada tempatnya adalah perilaku sederhana yang sangat sulit dikerjakan sebagian orang. Beberapa dari mereka memilih meninggalkan sampah di tempat umum, bahkan ada yang membuangnya di aliran sungai. Perilaku seperti itu sangat disayangkan mengingat keberadaan tempat sampah sudah tersebar luas di beberapa penjuru. Akses tempat sampah pun sangat mudah dijangkau sehingga kesadaran membuang pada tempatnya harus mulai digalakkan.

2. Mengurangi Penggunaan Benda Sekali Pakai
Pembatasan kantong plastik sudah dilakukan sejak lama, penggantinya adalah tas belanja dari kain yang bisa digunakan berulang kali. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengurangi limbah plastik yang jumlahnya sudah semakin mengkhawatirkan. Bahkan di pusat-pusat perbelanjaan, kantong plastik masuk dalam barang yang harus dibayar. Masyarakat diharapkan bisa mulai sadar untuk membawa tas belanja sendiri mulai sekarang.

Baca juga: Ini Sederet Pejabat Tinggi Negara Lulusan Universitas Indonesia

Selain kantong plastik yang eksistensinya sudah mulai digantikan oleh kantong belanja, kita juga bisa mulai menggunakan sedotan stainless dan botol minum sendiri saat keluar rumah. Kedua benda itu sangat krusial dan setiap orang pasti membutuhkannya apalagi jika keluar rumah. Selain turut menjaga lingkungan, kita juga bisa lebih menghemat pengeluaran karena tidak perlu lagi membeli air mineral.

3. Menggunakan Transportasi Umum atau Bersepeda
Kegiatan bersepeda menjadi rutinitas tersendiri saat new normal mulai diberlakukan. Semua orang berbondong-bondong untuk ikut bersepeda setiap pagi atau sore. Mereka menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan rutin melakukan aktivitas fisik. Walaupun olah raga tidak hanya bersepeda saja tapi kegiatan tersebut masih menjadi primadona hingga kini.

Rutinitas bersepeda diharapkan bisa terus berlanjut sampai menjadi kendaraan untuk menuju tempat kerja atau sekolah. Selain bersepeda, kita bisa turut menjaga lingkungan dengan membiasakan penggunaan transportasi umum. Dengan mengutamakan naik transportasi umum kita turut mengurangi keberadaan polusi udara. Jika kadar polusi udara berkurang maka udara jadi makin segar dan tentunya menyehatkan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2015 seconds (10.101#12.26)